Honda Sebut Tiga Faktor yang Bakal Kerek Penjualan Motor 2022

Kompas.com - 24/12/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) memprediksi penjualan motor nasional pada 2021 akan menyentuh 5 juta unit.

Hasil itu membawa harapan lebih baik untuk tahun depan. AISI memprediksi potensi peningkatan penjualan motor pada 2022 bakal sebesar 8 persen dengan total pasar sekitar 5,4 juta unit.

Baca juga: Kenali Bedanya, Ini Arti Kode SAE dan API pada Pelumas Kendaraan

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, kinerja penjualan akan bergantung dari tiga faktor utama.

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

"Satu kita lhat dari kita lihat ialah sisi pandemi Covid-19, tentunya, kalau covid-19 bisa terkendali dengan baik, masyarakat kita melakukan prokes dengan baik tentu akhirnya ekonomi bisa terus bergulir dengan baik jadi ini paling kunci di sana," kata Thomas di Bandung, Jawa Barat, awal pekan ini.

Thomas mengatakan kuncinya ialah bagaimana semua pihak sadar untuk menganggulangi Covid-19 bersama-sama. Baik dalam hal menjaga prokes dan vaksinasi.

"Karena itu sangat besar dampaknya buat ekonomi," katanya.

Faktor kedua, kata Thomas, ialah tren komoditas. Komoditas masih bisa bertahan baik untuk tahun depan.

"Ketiga, harapannya pemerintah banyak melakukan usaha untuk meningkatkan ekonomi agar bergerak. Harapannya roda ekonomi bisa bergerak. Kita lihat pasarnya bisa tumbuh 8-10 persen," ungkapnya.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

Baca juga: Prediksi Tren Mobil dan Fokus Honda pada 2022

2021

Thomas mengatakan, sampai dengan bulan kesebelas atau November 2021, pihaknya sudah menjual sebanyak 3,6 juta unit motor dan diprediksi bakal menyentuh 3,9 juta.

"Sampai dengan November 2021 dari AISI sudah mengeluarkan angka marketnya 4,6 juta unit, kita sudah 3,6 juta. Kita harapkan sampai tinggal sebulan ini (AISI) bisa menyentuh di 5 juta, sedangkan kita kisarannya plus minus 3,9 juta," katanya.

Capaian AHM 2021 meningkat 30 persen dibandingkan penjualan tahun lalu. Pada 2020, total penjualan motor AHM sebesar 2,9 juta unit turun 40,8 persen dari 2019 karena pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.