Tiga Bus Baru PO Sempati Star Meluncur, Satu Double Decker dan Dua UHD

Kompas.com - 24/12/2021, 09:02 WIB
Bus AKAP baru PO sempati Star DOK. ADIPUTROBus AKAP baru PO sempati Star

JAKARTA, KOMPAS.comPO Sempati Star yang menjadi pelopor bus tingkat di Indonesia baru saja menambah armada baru. Kali ini ada tiga bus baru yang diambil dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Ketiga bus tersebut menggunakan bodi dan sasis yang berbeda. Pertama ada satu unit Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Scania K410iB. Sedangkan dua lagi menggunakan bodi Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) dengan sasis Volvo B11R.

Tampilan eksterior dari bus tingkat terbaru PO Sempati Star ini berbeda dengan dua unit lain yang rilis. Bodi bus tingkat memakai kelir abu-abu dengan aksen biru tua serta livery garis, terkesan kalem dan elegan.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Jakarta Utara, 7 Kendaraan Ringsek

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

Sedangkan dua bus UHD PO Sempati Star, memakai livery khas dengan kombinasi warna merah dan kuning ditambah grafis bintang-bintang dengan ukuran besar. Livery bus tingkat ini juga mengingatkan pada Jetbus 2 SDD pertama di Indonesia yang dibeli PO Sempati Star, pada 2015.

Bus tingkat Sempati Star memiliki tiga susunan bangku. Pertama, ada dua bangku sleeper di bagian depan dengan AVOD. Bagian belakang ada bangku buatan Alldila Seats yang disusun dua di kanan dan satu di kiri (2-1) yang dilengkapi dengan AVOD dan leg rest.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Akan Berlaku 24 Jam

Beralih ke dek atas, terdapat bangku yang disusun 2-2 dan sudah dilengkapi dengan leg rest. Selain itu, penumpang di dek atas juga bisa menikmati hiburan lewat AVOD yang ada di setiap bangkunya.

Untuk bus UHD, susunan bangkunya 2-2 dengan leg rest namun tanpa AVOD. Selain itu ada toilet dan smoking room di tengah kabin dekat dengan pintu penumpang belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.