Lakukan Langkah Ini Jika Vespa Matik Terendam Banjir

Kompas.com - 23/12/2021, 14:21 WIB
Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya terkadang menyebabkan banjir di beberapa daerah. Kondisi ini tentu menyulitkan para pemilik kendaraan.

Termasuk dengan Vespa 4-tak alias Vespa matik. Jika skuter matik (skutik) ini sudah terendam banjir, disarankan untuk mengikuti beberapa langkah dari Scooter VIP.

Baca juga: Pilihan Aftermarket Lokal Vespa Matik Makin Beragam

Dennil Sagita, punggawa bengkel Scooter VIP di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, sebaiknya jangan menyalakan kunci kontak. Sebab, dikhawatirkan dapat terjadi korsleting.

Bengkel Vespa matik Scooter VIP Foto: dok. Scooter VIP Bengkel Vespa matik Scooter VIP

"Risiko air masuk ke dalam komponen penting di motor lebih besar ketika kondisinya terendam dibanding saat menerobos genangan banjir," kata Dennil, dalam keterangan resminya.

Meski air sudah surut dan motor terlihat kering, menurut Dennil, tetap jangan menyalakan motor. Sebab, masih ada peluang terjadinya water hammer di mesin.

Baca juga: Kolaborasi Vespa X Justin Bieber Meluncur Tahun Depan

"Water hammer terjadi ketika ada air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi sehingga berakibat fatal bisa membuat mesin jebol," ujar Dennil.

Bengkel Vespa matik Scooter VIP Foto: dok. Scooter VIP Bengkel Vespa matik Scooter VIP

Dennil menambahkan, sebaiknya motor segera dibawa ke bengkel terdekat. Disarankan untuk membawanya ke bengkel spesialis Vespa matik. Sebab, selain sudah berpengalaman, tentunya peralatan yang dimiliki juga lebih lengkap.

"Diagnosa awal motor yang terendam banjir adalah sektor mesin. Meliputi cek filter udara, cek transmisi CVT, oli mesin, oli girboks, kondisi knalpot dan kelistrikan," kata Dennnil

Lalu, untuk transmisi CVT akan dibuka untuk dibersihkan dan dilumasi kembali. Menurut Dennil, komponen tersebut akan rentan selip dan karatan jika kotor.

Bengkel Vespa matik Scooter VIP Foto: dok. Scooter VIP Bengkel Vespa matik Scooter VIP

Selanjutnya, periksa bagian knalpot. Keringkan sisa air agar tidak terjadi korosi. Untuk Vespa matik yang terendam banjir, filter udara dan oli mesin termasuk komponen yang harus diganti baru.

"Karat mengganggu kinerja dan fungsi Vespa itu sendiri, terutama di bagian kabel rem, bearing arm, bearing komstir dan bearing lainnya akibat air kotor yang tidak dibersihkan," ujar Dennnil.

Dennil mengatakan, kotoran tersebut berpotensi naik ke atas. Sehingga, merusak fungsi Electronic Control Unit (ECU) dan biaya perbaikan atau pergantiannya tentu tidak kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.