Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piaggio Bakal Produksi Vespa di Cikarang Akhir 2022

Kompas.com - 10/11/2021, 10:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Piaggio segera melokalkan produksi skuternya di Indonesia. Diperkirakan akhir 2022. Pabrik perakitannya pun kini mulai dibangun di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Lebih detail, pabrik perakitan tersebut berdiri di area seluas 55.000 meter persegi, berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, sekitar 35 kilometer sebelah timur Jakarta.

Keputusan memproduksi skuter secara lokal ini menyusul tren penjualan skuter mereka yang diklaim memiliki performa baik selama 10 tahun terakhir.

 Baca juga: Geber Knalpot di Lampu Merah, Pengendara Motor Kena Tempeleng Petugas

Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia mengatakan bahwa pabrik perakitan ini akan jadi babak baru dalam bisnis Piaggio di Indonesia.

 Pengunjung sedang mencoba layanan uji berkendara di dealer Gaia Moto Antasari. (Dok. Piaggio Indonesia) Pengunjung sedang mencoba layanan uji berkendara di dealer Gaia Moto Antasari.

"Saya percaya proyek industrial ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif, serta membawa pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi, seperti yang selalu kami janjikan kepada pelanggan setia kami," kata Marco di Cikarang, Selasa (9/11/2021).

Pada tahap pertama operasionalnya, Piaggio Indonesia bakal merakit Vespa di fasilitas ini. Produk pertama perakitan lokal ini akan diluncurkan pada akhir 2022.

 Baca juga: Baru Meluncur, Xpander dan Xpander Cross Facelift Dapat Diskon PPnBM

Meski begitu, belum ada informasi rinci mengenai model skuter Vespa apa yang akan jadi produk pertama di pabrik perakitan ini.

Sebagai tambahan, saat ini Piaggio Group membawahi empat merek sepeda motor berbagai segmen, yakni Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

"Saya sangat menantikan pencapaian ini dan dengan tulus menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang kami terima dari Indonesia. PT Piaggio Indonesia berterima kasih atas bimbingan yang diberikan Pemerintah Indonesia dan akan terus berkolaborasi seiring dengan berjalannya proyek ini," ujar Marco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com