Konsumsi BBM Toyota Prius PHEV Jakarta-Yogyakarta Sentuh 19,47 Kpl

Kompas.com - 21/12/2021, 10:22 WIB
Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif Challenge KOMPAS.com/GILANGToyota Prius PHEV di Kompas otomotif Challenge

JAKARTA, KOMPAS.com – Redaksi Kompas Otomotif belum lama ini menyelesaikan Kompas otomotif Challenge (KOC) 2021 untuk menjawab berapa emisi gas buang dari berbagai model kendaraan.

Toyota Prius PHEV menjadi salah satu peserta KOC 2021 yang mewakili mobil berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Menempuh perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, berapa konsumsi bahan bakar Prius PHEV?

Penghitungan konsumsi bahan bakar Prius PHEV dilakukan dengan dua cara, full to full dan berdasarkan Multi Information Display (MID) yang ada di dasbor. Kemudian membandingkan hasil konsumsi bahan bakar dengan peserta KOC lainnya.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Ganjil Genap Berlaku di Kawasan Puncak

Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif ChallengeKOMPAS.com/GILANG Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif Challenge

Metode full to full dilakukan dengan mengisi tangki bahan bakar sampai penuh dan ditentukan patokannya yakni sampai bibir tangki. Pengisian pertama dilakukan di rest area KM 57 Cikampek dan diisi dengan Pertamax.

Pengisian kembali dilakukan ketika redaksi ingin melakukan perjalanan kembali dari Yogyakarta. Selama tiga hari, Prius PHEV menempuh 624,9 km dengan rute perjalanan Jakarta-Cirebon-Semarang-Solo-Yogyakarta.

Prius PHEV pun diisi kembali sampai penuh, disesuaikan batasnya seperti saat pertama kali mengisi bahan bakar di rest area KM 57. Ketika diisi sampai penuh, didapatkan angka 32,09 liter bahan bakar yang digunakan.

Baca juga: Ban Mobil Rusak Hantam Lubang di Tol, Pengemudi Bisa Minta Ganti Rugi

Untuk mendapatkan angka konsumsi bahan bakar, jarak tempuh kemudian dibagi dengan berapa liter bbm yang diisi. Jadi 624,9 km dibagi oleh 32,09 liter dan hasilnya 19,47 km per liter.

Untuk konsumsi bahan bakar berdasarkan MID, didapatkan angka 4.8 liter per 100 km atau 20,83 km per liter. Catatan, Prius PHEV ini melakukan pengisian baterai di Semarang sampai sekitar 75 persen.

MID Prius PHEVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI MID Prius PHEV

Kondisi baterai yang lumayan banyak tadi sangat membantu konsumsi bahan bakar Prius PHEV jadi lebih hemat. Dari baterai tersebut, Prius PHEV mendapatkan jarak tempuh full electric sekitar 48 km, jadi bahan bakar tidak digunakan sama sekali.

Kemudian jika mau menghitung berapa total biaya yang dikeluarkan untuk menempuh 624.9 km, 32.09 liter Pertamax tinggal dikali dengan harga per liter (Rp 9.000). Hasilnya, Prius PHEV cuma butuh Rp 288.810 untuk ongkos bahan bakar dari Jakarta-Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.