Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana Kabin Toyota Prius PHEV Selama Perjalanan Jakarta-Yogyakarta

Kompas.com - 18/12/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Prius PHEV menjadi salah satu kendaraan yang redaksi bawa dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) Jakarta-Yogyakarta. Pada KOC kali ini, redaksi mengangkat tema emisi gas buang.

Sebelumnya, sudah dibahas bagaimana sisi desain eksterior dari Prius PHEV yang bisa dibilang elegan dan aerodinamis. Jika membahas kabinnya, sisi futuristis terasa dari permainan layout dasbor yang penuh layar.

Dasbor Prius PHEV memiliki desain yang unik, misalnya seperti instrument cluster yang ada di bagian tengah. Selain itu juga model head unit dan kisi-kisi AC yang ada di tengah posisinya nampak melayang.

Baca juga: Hitung Ongkos Pelihara Toyota Fortuner 2.4 Diesel sampai 5 Tahun

Toyota Prius PHEV GIIAS 2019 Toyota Prius PHEV GIIAS 2019

Selain itu terdapat beberapa permainan bahan yang empuk serta warna putih di tengah-tengah dasbor berwarna hitam. Adanya ornamen berwarna putih ini terasa nyentrik karena agak tidak senada dengan aksen lain di kabin.

Belum lagi untuk tuas transmisinya, bentuknya seperti joy stick mungil. Posisi untuk tuas transmisi juga berada di bawah layar head unit, di sebelah tombol-tombol mode berkendara.

Mengani posisi duduk, Prius PHEV punya pengaturan bangku yang lengkap, namun setelannya masih manual. Setir juga bisa disetel dengan mudah, mau lebih tinggi atau rendah, bahkan jauh dan dekat dari tubuh pengemudi.

Baca juga: Jangan Pakai Hazard, Begini Tips Mengemudi di Jalan Tol Saat Cuaca Hujan

Membahas posisi duduk di belakang, Prius PHEV ini cuma bisa diduduki dua orang. Hal ini dikarenakan pada bagian tengah bangku baris kedua, ada pemisah yang berisi dua cup holder untuk penumpang di belakang.

Walaupun cuma bisa diisi dua orang, posisi duduknya bisa dibilang tetap nyaman, terutama untuk orang dengan tinggi sekitar 177 cm. Ruang kaki di baris kedua masih mumpuni, namun sayang untuk head room memang agak pas, tapi tidak mentok.

Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif ChallengeKOMPAS.com/GILANG Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif Challenge

Bicara soal bagasi, Prius PHEV punya model pintu hatch back, jadi kaca belakang ikut terangkat saat dibuka. Untuk menyimpan barang, memang agak luas, namun tidak bisa membawa banyak barang yang tinggi atau disusun bertingkat mengingat kacanya yang landai.

Selain itu, tempat penyimpanan di bawah bagasi juga minim, mengingat adanya baterai di bagian belakang Prius PHEV. Jadi untuk laci kecil, hanya ada di samping kanan dan kiri untuk menyimpan kabel pengisi daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com