Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Charging Mobil Listrik Lexus UX 300e Jakarta-Yogya

Kompas.com - 19/12/2021, 20:28 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lexus UX 300e merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV). Untuk menjajal performa mobil nol emisi ini Kompas.com mengajaknya pergi dari Jakarta ke Yogyakarta.

Perjalanan kali ini menarik karena Kompas.com tak cuma merasakan performa mobil yang mampu mengeluarkan tenaga 200 tk dan torsi 300 Nm itu, tapi juga menghitung biaya konsumsinya.

Sebagai mobil listrik maka Lexus UX 300e tidak menggunakan bensin. Karena itu biaya perjalanan yang dikeluarkan ialah biaya isi daya baterai listrik alias charging.

Baca juga: Angkutan Barang Dilarang Lewat Tol Selama Libur Nataru

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Untuk diketahui mobil ini dilengkapi dengan baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh dengan 288 large capacity battery cells.

Untuk menuju Jogya, Kompas.com membaginya dalam tige etape. Pemberhentian pertama yaitu Cirebon, kedua di Semarang, dan finis di Jogya.

Saat mobil pertama datang, baterai mobil berada di bawah 20 persen. Untuk itu Kompas.com kemudian mengisi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina di SPBU MT Haryono, Jakarta.

Namun pengisian di SPKLU fast charging pakai DC Charger Chademo itu ternyata hanya dibatasi selama satu jam. Dalam satu hari mobil hanya dibolehkan mengisi daya satu kali dan harus bergantian dengan mobil lain.

Pengisiannya juga masih gratis. Operator yang menjaga juga tidak bisa memastikan kapan akan SPKLU itu akan berbayar.

Baca juga: Promo Suzuki Akhir Tahun, DP Murah dan Diskon

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Selama sejam mengecas, kapasitas daya baterai mencapai daya 71 persen. Kemudian karena dianggap masih kurang penuh untuk ke Cirebon, Kompas.com melanjutkan mengecas di SPKLU milik PLN DC Charger Chademo.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengecas penuh dari 71 persen menjadi 100 persen sebsar Rp 43.000, adapun daya yang dibutuhkan 17 kwh.

Setelah baterai terisi penuh itu Kompas.com berangkat ke Cirebon.

Saat sampai di Cirebon hari sudah malam, mobil kemudian isi daya lagi menggunakan AC charger kurang lebih 6 jam sampai penuh di hotel.

Esok paginya, Lexus UX 300e kembali meluncur. Tujuannya ialah Semarang, Jawa Tengah. Sampai di Semarang, kondisi baterai dari posisi penuh menyisakan 18 persen.

Kompas.com kemudian kembali mengecas di SPKLU PLN menggunakan charger fast charging berdaya 22 kwh di Semarang.

Baca juga: Kolaborasi Vespa X Justin Bieber Meluncur Tahun Depan

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Setelah penuh perjalanan berlanjut ke Jogya. Adapun dari Semarang ke Yogya mobil meluncur tanpa masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com