Detik-detik Honda HR-V Tertimpa Pohon di Pondok Indah

Kompas.com - 19/12/2021, 15:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi secara tiba-tiba di beberapa sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa saja menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Seperti peristiwa yang terjadi di Jalan Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12/2021).

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @merekamjakarta, terlihat detik-detik pohon palem tumbang menimpa mobil Honda HR-V berwarna putih.

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Pakai Scanner, Diagnosa Akurat tapi Bukan Jaminan

Kejadian bermula saat mobil tersebut sedang melintas dari arah Lebak Bulus ke arah Pondok Indah. Pada saat lalu lintas padat, tiba-tiba pohon palem yang berada di atas pembatas jalan tumbang dan menimpa Honda HR-V tersebut. Akibatnya, mobil mengalami ringsek pada bagian atap.

Sebelum menimpa mobil, pohon palem di Jalan Metro Pondok Indah juga diketahui tumbang dan menimpa sepeda motor, mengakibatkan pengendaranya meninggal dunia.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat berkendara sebaiknya pengemudi tidak hanya melihat depan dan bawah saja. Namun juga harus mempertimbangkan bahaya dari atas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

“Jadi harus pertimbangkan juga adanya ancaman dari atas, seperti pohon tumbang, ranting yang patah, papan reklame yang rubuh, bahkan atap bangunan yang berterbangan,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony menyarankan, pengemudi sebaiknya hindari daerah-daerah pepohonan atau objek yang terjatuh dan tak terduga untuk keselamatan dan keamanan.

“Kemudian segera menepi di tempat yang aman, apabila jarak pandang yang terbatas serta angin yang kencang. Jaga jarak aman agar ada area escape (tempat menghindar) ketika dibutuhkan,” katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.