Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

Kompas.com - 17/12/2021, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usulan memermanenkan PPnBM untuk mobil yang memiliki local purchase 80 persen menjadi angin segar bagi agen pemegang merek (APM), termasuk PT Honda Prospect Motor (HPM).

Apalagi, Honda juga baru meluncurkan produk anyarnya beberapa waktu lalu, yakni All New BR-V, yang jadi generasi kedua mobil bergenre low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murahnya.

Lantas, bila kebijakan PPnBM permanen akhirnya ditetapkan, apakah BR-V baru bakal ikut menikmatinya?

Baca juga: Lebih Mahal Rp 15 Juta, Apa Istimewanya Honda CR-V Black Edition?

Menjawab hal tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, dari waktu ke waktu kandungan lokal jajaran produknya selalu ditingkatkan, termasuk All New BR-V.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

"Pada aturan pertama PPnBM DTP dikeluarkan, tertera itu local purchase-nya berapa-berapa persen, tapi itu kondisi tahun lalu. Kami Honda selalu berkomitmen meningkatkan local puchase," ujar Billy kepada media di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

"Untuk tahun ini kita belum bisa rilis, kecuali yang baru kita luncurkan. All New Honda BR-V itu sudah di atas 80 persen, tepatnya 84 persen. Sementara Brio saat ini sudah di atas 90 persen, sisanya kita sedang hitung karena secara reguler naik terus local content-nya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Billy menegaskan, dalam daftar mobil penerima PPnBM 100 persen yang ada saat ini, pemerintah masih menggunakan BR-V lawas, di mana tingkat local purchase-nya di bawah 80 persen.

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

Baca juga: Mulai Diproduksi, Varian Tertinggi BR-V Baru Mendominasi Pemesanan

Namun, generasi kedua sudah mengalami peningkatan hingga lebih dari 84 persen. Artinya, bila pemerintah menetapkan kebijakan PPnBM permanen dengan syarat 80 local purchase, All New BR-V dan Brio bisa ikut menikmatinya.

Sementara itu, ketika ditanya efek penerapan PPnBM permanen, Billy menegaskan, kebijakan tersebut memiliki banyak manfaat. Tak hanya dari sisi penjualan, tetapi juga roda perekonomian.

All New Honda BR-V di SemarangHPM All New Honda BR-V di Semarang

"Itu baru wacana, kita belum tahu detailnya seperti apa. Tapi secara efek sangat bagus, bukan hanya dari penjualan mobil, tapi dilihat dari sisi lebih luas yang memang manfaatnya besar. Mulai dari harga kompetisi, kualitas yang bagus, dan industri juga berkembang," ucap Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com