Yamaha Berharap Bisa Mengantar Pebalap Lokal ke MotoGP

Kompas.com - 17/12/2021, 19:21 WIB
Galang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600. Foto: YamahaGalang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak penggemar MotoGP dan Yamaha yang berharap bisa ada pebalap Indonesia bersaing di ajang balap tingkat dunia tersebut. Namun, harapan tersebut tidak dapat diwujudkan dengan mudah.

Butuh kerja keras yang luar biasa dan membawa bekal prestasi yang meyakinkan agar tim-tim di MotoGP tertarik untuk merekrut seorang pebalap.

Baca juga: Home Race Mandalika, Galang Hendra Target Tembus 10 Besar

Ditambah lagi, jalur pembibitan Yamaha memang lebih mengarahkan seorang pebalap ke World Superbike (WorldSBK). Contohnya adalah Galang Hendra Pratama.

Galang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600.Foto: Yamaha Galang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600.

Pebalap binaan Yamaha ini dikirim untuk mengikuti World Supersport 300 (WorldSSP300) pada 2017 lalu. Baru pada 2020, Galang Hendra naik ke kelas World Supersport (WorldSSP) hingga sekarang.

Dyonisius Beti, Executive Vice President Director & Chief Operating Officer PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, MotoGP adalah ajang paling top kelas dunia. Yamaha bermimpi suatu saat ada pebalapnya, seperti Galang Hendra, bisa menjadi pebalap MotoGP.

Baca juga: Galang Hendra Taget Finis 10 Besar di Magny-Cours

"Namun, MotoGP ada banyak persyaratan, tentang kemampuan dan pencapaian. Persaingannya sangat ketat," ujar Dyonisius, kepada wartawan, saat peluncuran bLU cRU Indonesia, di Sentul, Bogor, Kamis (16/12/2021).

Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.DOK. YAMAHA RACING INDONESIA Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.

Dyonisius menambahkan, Yamaha ingin mimpi ini tidak pernah luntur dan suatu hari bisa dicapai. Tapi, tidak bisa langsung begitu saja menurutnya. Butuh persiapan dan selangkah demi selangkah.

"Apalagi dengan sekarang ada Mandalika, kita berharap ada pebalap kita yang bisa ikut balapan di sana. Mudah-mudahan pebalap kita bisa meningkat prestasi dan kemampuannya setelah ada Mandalika," kata Dyonisius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.