Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Berharap Bisa Mengantar Pebalap Lokal ke MotoGP

Kompas.com - 17/12/2021, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak penggemar MotoGP dan Yamaha yang berharap bisa ada pebalap Indonesia bersaing di ajang balap tingkat dunia tersebut. Namun, harapan tersebut tidak dapat diwujudkan dengan mudah.

Butuh kerja keras yang luar biasa dan membawa bekal prestasi yang meyakinkan agar tim-tim di MotoGP tertarik untuk merekrut seorang pebalap.

Baca juga: Home Race Mandalika, Galang Hendra Target Tembus 10 Besar

Ditambah lagi, jalur pembibitan Yamaha memang lebih mengarahkan seorang pebalap ke World Superbike (WorldSBK). Contohnya adalah Galang Hendra Pratama.

Galang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600.Foto: Yamaha Galang Hendra Pratama pebalap Ten Kate Racing Team yang turun di kelas WorldSPP 600.

Pebalap binaan Yamaha ini dikirim untuk mengikuti World Supersport 300 (WorldSSP300) pada 2017 lalu. Baru pada 2020, Galang Hendra naik ke kelas World Supersport (WorldSSP) hingga sekarang.

Dyonisius Beti, Executive Vice President Director & Chief Operating Officer PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, MotoGP adalah ajang paling top kelas dunia. Yamaha bermimpi suatu saat ada pebalapnya, seperti Galang Hendra, bisa menjadi pebalap MotoGP.

Baca juga: Galang Hendra Taget Finis 10 Besar di Magny-Cours

"Namun, MotoGP ada banyak persyaratan, tentang kemampuan dan pencapaian. Persaingannya sangat ketat," ujar Dyonisius, kepada wartawan, saat peluncuran bLU cRU Indonesia, di Sentul, Bogor, Kamis (16/12/2021).

Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.DOK. YAMAHA RACING INDONESIA Aksi pebalap Ten Kate Racing Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama, saat mengikuti seri ketiga WorldSSP 2021 yang dihelat di Sirkuit Misano, Italia, pada 13 Juni 2021.

Dyonisius menambahkan, Yamaha ingin mimpi ini tidak pernah luntur dan suatu hari bisa dicapai. Tapi, tidak bisa langsung begitu saja menurutnya. Butuh persiapan dan selangkah demi selangkah.

"Apalagi dengan sekarang ada Mandalika, kita berharap ada pebalap kita yang bisa ikut balapan di sana. Mudah-mudahan pebalap kita bisa meningkat prestasi dan kemampuannya setelah ada Mandalika," kata Dyonisius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com