Serius Sambut Era Kendaraan Listrik, Toyota Kenalkan bZ-Series

Kompas.com - 14/12/2021, 16:24 WIB
Toyota BZ-Series pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021). Toyota BZ-Series pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) untuk pertama kalinya mengungkapkan komitmen perusahaan secara tegas dalam melangkah ke era elektrifikasi kendaraan bermotor berbasis baterai.

Pasalnya, kehadiran mobil tanpa emisi dipercaya bisa meningkatkan rasa bahagia seluruh lapisan masyarakat, seiring membaiknya kualitas udara serta kualitas hidup.

"Tingkat emisi atau CO2 dari kendaraan harus dikurangi sebesar mungkin dan secepat mungkin," kata Chief Executive TMC Akio Toyoda di konferensi virtual, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Toyota Siapkan 30 Produk Mobil Listrik Murni Mulai 2030

Jajaran line-up Toyota bZ Series Jajaran line-up Toyota bZ Series

Bersamaan dengan tekad tersebut, Toyota memperkenalkan line up battery electric vehicle (BEV) pertamanya, yakni bZ alias Beyond Zero. Produk ini didedikasikan secara khusus untuk mobil listrik.

Saat ini, sedikitnya terdapat lima model yang terlahir dari semangat terkait, yakni BZ 4x, Bz Compact SUV, BZ Small Crossover, BZ sedan, serta BZ Large SUV.

"Mobil pertama yang sudah pernah dikenalkan ialah bZ4x, SUV listrik yang akan diluncurkan tahun depan dan sudah dipersiapkan untuk produksinya saat ini di fasilitas Toyota Motomachi Plant," kata Akio.

Baca juga: Catat, Ada Diskon dan Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta

Salah satu produk dari Toyota bZ-SeriesKOMPAS.com/Ruly Salah satu produk dari Toyota bZ-Series

Kemudian produk kedua, ada bZ Compact SUV yang merupakan era baru dari sebuah mobil listrik karena memiliki desain indah dan futursitik. Tentu berbagai sentuhannya begitu modern serta mewah.

Selanjutnya ada bZ Small Crossover yang menjadi model andalan di line-up tersebut yang berfokus pada kenyamanan. Diperkirakan banyak konsumen yang akan tertarik untuk mengendarainya.

"Kami paham, semakin besar baterai yang disematkan pada suatu mobil maka semakin berat dan jauh pula daya tempuhnya. Tapi harganya akan jauh lebih mahal," kata Akio.

"Tapi untuk SUV ini, karena ukurannya kecil jadi lebih dikhususkan pada power efficiency. Kami rencanakan, bisa mencapai angka 125 Wh/km, di mana akan menjadi yang tertinggi di segmen SUV kompak," lanjutnya.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Lexus UX 300e sampai 5 Tahun

Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)KOMPAS.com/Ruly Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)

Dua terakhir, ada bZ Sedan dan bZ Large SUV yang tampak masih cukup lama untuk masuk jalur produksi. Ini bisa terlihat dari desainnya seperti mobil konsep.

Selain keluarga bZ, Toyota juga akan memperkenalkan berbagai model EV baru, termasuk mobil sport. Beberapa EV ini tampaknya terinspirasi oleh model saat ini seperti Tundra baru, e-Palette, dan bahkan FJ Cruiser.

"Jadi langkah Toyota ke kendaraan listrik tidak hanya menyematkan baterai pada produk yang sudah ada tapi juga menghadirkan line-up khusus yaitu bZ-series," ucap dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.