Mengemudi Mundur Lebih Susah Dibanding Maju, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 10/12/2021, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengemudi pemula, mengemudikan mobil mundur menjadi momok atau kesulitan tersendiri terutama pada saat akan parkir.

Tidak hanya pengemudi pemula, tidak sedikit yang selama ini sudah lancar mengemudi di jalan raya tetapi ketika hendak parkir mundur juga tidak begitu lancar.

Baca juga: Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, selama ini berkendara di jalan raya memang lebih mudah dibandingkan saat mundur.

“Hal ini karena mindset pengemudi kendaraan bergerak ke depan (fokus dan antisipasinya sejalan/bergerak sesuai dengan arah pandangan mata),” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Layar kamera parkir New APV Luxury 2 terintegrasi dengan spion kabin. Febri Ardani Layar kamera parkir New APV Luxury 2 terintegrasi dengan spion kabin.

Sementara ketika mengemudi pada saat parkir kendaraan dengan cara berjalan ke belakang atau mundur, hal itu tidak mudah karena dibutuhkan cara berpikir (terbalik).

“Dibutuhkan cara berpikir (terbalik) kendaraan terhadap batas-batas lingkungan. Hal ini yang harus dipelajari dan didalami oleh para pengemudi pemula,” ucap Sony.

Baca juga: Tes Menanjak Toyota All New Avanza FWD

Untuk bisa mahir mengemudikan mobil saat berjalan mundur atau parkir memang tidak bisa dilakukan dengan sekejap. Sony mengatakan, membutuhkan pelatihan dan waktu yang relatif lebih lama bagi seorang pengemudi agar bisa lancar mengemudi saat mundur atau parkir.

“Butuh waktu yang relatif lama tapi tergantung daya tangkap masing-masing orang sih. Kalau sudah benar-benar menguasai ilmu reference point, maka berkendara mundur lebih mudah daripada maju,” ucapnya.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Salah satu yang menyebabkan pengemudi pemula kesulitan saat parkir atau mengendarai mobil ketika berjalan mundur adalah tidak paham mengenai tekniknya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ngebut Sesekali Bisa Jaga Performa Mesin Mobil?

“Karena mereka tidak tahu tekniknya, (kalau) panik sih kemungkinannya kecil, tapi biasanya kemampuan reaksi pengemudi dalam mengantisipasi itu lambat,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.