Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Cegah Tangki BBM Motor Berkarat

Kompas.com - 07/12/2021, 19:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pemilik sepeda motor, penyakit tangki bahan bakar minyak (BBM) yang berkarat dan mengalami korosi tentu wajib dihindari. Khususnya pada jenis motor sport yang lebih sering mengidap penyakit ini.

Sebab jika korosi sudah parah, kebocoran bisa saja terjadi. Apabila kebocoran tangki BBM sudah tidak bisa diperbaiki, satu-satunya solusi hanyalah mengganti tangki BBM dengan yang baru dan tentu butuh dana lebih banyak.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan bahwa salah satu tips mencegah tangki BBM berkarat yang paling sederhana adalah mengisinya hingga penuh.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Bikin SIM A per Desember 2021

"Isi bahan bakar secara full tank dan jangan biarkan bahan bakar mengendap di dalam tangki terlalu lama," kata Asep saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tangki motor sport Tangki motor sport

Pasalnya, di dalam tangki bisa terjadi proses pengembunan jika sering dibiarkan kosong. Embun lantas menghasilkan air yang bisa menyebabkan karat dan korosi pada material logam tangki BBM.

Maka dari itu, Asep turut menyarankan agar jangan menganggurkan sepeda motor hingga membuat bensin mengendap di tangki hingga hitungan pekan bahkan bulanan.

Baca juga: Pengendara Motor Nekat Melintas di JLNT, Memicu Kecelakaan Mobil

Disarankan untuk rutin memanaskan mesin motor minimal satu kali sehari. Dengan begitu, bahan bakar yang tersimpan dapat terkonsumsi dan tidak mengendap dalam jangka waktu lama.

"Timbulnya karat di bagian dalam tangki terjadi secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya, karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan," ujar Asep menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com