Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selama Libur Nataru Polisi Siapkan Pengecekan di Perbatasan Kabupaten

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Korlantas Polri telah bersiap melakukan pengamanan arus lalu lintas. Rencananya, pada tiap perbatasan kabupaten bakal dibangun pos pengecekan saat libur Nataru.

Plt Kabagops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto, mengatakan, bahwa jajaran di wilayah akan menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan (Pos Pam dan Pos Yan) pada tiap perbatasan pintu masuk di perbatasan ibukota provinsi maupun kabupaten.

“Nantinya pos-pos tersebut akan menjadi pusat sampling kepada masyarakat yang melakukan perjalanan, apabila ada masyarakat yang belum vaksin maka di pos disiapkan secara gratis,” ujar Dodi, disitat dari Korlantas Polri (7/12/2021).

“Dan bila ada yang positif juga sudah disiapkan karantina terbatas dan ambulans serta akan dirujuk ke rumah sakit rujukan,” kata dia.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan operasi lilin atau nataru nanti, kepolisian akan menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai 17 sampai 23 Desember 2021 di seluruh Polda.

Ini dilakukan sebagai imbauan kepada masyarakat agar memanfaatkan waktu libur Natal dan Tahun Baru di rumah saja.

“Jauh-jauh hari juga sudah disampaikan untuk mengurangi mobilitas pada libur Nataru, cukup dirumah dan manfaatkan teknologi yang ada, seperti Google Meet, Zoom dan lainnya yang memudahkan komunikasi,” ucap Dodi.

Ia juga menambahkan untuk saat ini cara bertindak kepolisian pada saat libur Natal dan Tahun Baru masih menunggu arahan dari pemerintah.

Jika sampai terjadi peningkatan bukan tidak mungkin ada perketatan. Seperti di lokasi wisata nantinya akan diperketat penggunaan aplikasi pedulilindungi.

“Sementara dari satgas covid dan Kemendagri belum ada surat cara bertindak SOP penanganan Covid. Pesan Kakorlantas, kita menunggu dan menyesuaikan surat edaran dari satgas covid,” kata Dodi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/08/071200915/selama-libur-nataru-polisi-siapkan-pengecekan-di-perbatasan-kabupaten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke