Kompas.com - 04/12/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan IndriTraveller/Toyota AstraIlustrasi memegang setir dengan kedua tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil memiliki radius putar setir yang berbeda. Ada radius putar setir yang besar, tapi ada juga yang radius putarnya kecil.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, besarnya radius putar setir tergantung dari desain kendaraan tersebut. Termasuk juga dengan dimensinya.

Baca juga: Larangan Putar Balik di Tol, Begini Aturannya

"Tergantung dari desain kendaraan, lebar, panjang, jarak sumbu roda, dan lain-lain, dan faktor keselamatan. Selain itu, bobot dan ground clearance juga," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kendaraan pengunjung Pantai Pasir Padi harus putar balik karena objek wisata tersebut ditutup pemerintah, Sabtu (15/5/2021).KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Kendaraan pengunjung Pantai Pasir Padi harus putar balik karena objek wisata tersebut ditutup pemerintah, Sabtu (15/5/2021).

Didi mengatakan, biasanya semakin besar kendaraan, semakin besar radius putarnya. Menurutnya, menghindari kendaraan terguling juga.

"Kalau kendaraan kecil dan menengah, biasanya kecil, karena bisa manuver dengan lincah," kata Didi.

Baca juga: Hindari Petugas, Pengendara Motor Nekat Putar Balik di Jalan Tol

Tidak ada standar pasti ukuran radius putar per jenis mobil, misalnya city car harus sekian atau MPV tidak boleh lebih dari sekian. Biasanya, pabrikan akan menyesuaikan spesifikasi mobil dengan regulasi yang berlaku di pasar.

Fitur di area kemudi the new MINI Countryman saat diluncurkan pada IIMS Hybrid 2021 di JIExpo, Jakarta, Kamis (22/4/2021). The new MINI Countryman yang proses perakitannya di dalam negeri ini diluncurkan dalam varian Cooper dengan harga Rp629.000.000 (off the road) dan Cooper S seharga Rp799.000.000 (off the road).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Fitur di area kemudi the new MINI Countryman saat diluncurkan pada IIMS Hybrid 2021 di JIExpo, Jakarta, Kamis (22/4/2021). The new MINI Countryman yang proses perakitannya di dalam negeri ini diluncurkan dalam varian Cooper dengan harga Rp629.000.000 (off the road) dan Cooper S seharga Rp799.000.000 (off the road).

Besarnya radius putar setir juga akan berpengaruh pada saat mobil akan melakukan putar balik. Banyak juga yang berpendapat bahwa semakin besar radius putar setir, maka pengemudi semakin repot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.