Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 17:02 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali sampai tanggal 13 Desember 2021.

Bahkan saat libur nataru 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 akan diberlakukan PPKM level 3 libur nataru.

Dengan adanya aturan tersebut, tingkat mobilitas masyarakat juga dibatasi. Banyaknya aktivitas yang dilakukan dari rumah, membuat sebagian orang terlena hingga lupa bahwa kendaraannya butuh perawatan rutin.

Baca juga: Suzuki Jimny Long Punya Dimensi dan Mesin Beda

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, cakram yang ada bercak karat pada saat mobil di diamkan lama itu wajar terjadi. Bercak tersebut memang murni noda karat yang timbul pada permukaan cakram.

"Biasanya kalau habis di cuci atau kehujanan kemudian di diamkan, cakram dapat berkarat karena air sisa tadi. Namun akan hilang jika mobil dipakai karena bergesekan dengan kampas rem," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Cakram mobilcaranddriver Cakram mobil

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, bercak karat pada cakram terjadi karena bahan dari cakram itu sendiri yang mudah berkarat.

“Perlu diketahui, cakram itu materialnya cast iron atau besi tuang. Sudah menjadi sifat dasar bila mudah teroksidasi (pelapukan kimia) sehingga menimbulkan karat, karena memang dari pabrikan juga tidak diberi anti karat,” ujar Bambang.

Baca juga: Tanggapan Adiputro Soal Selendang Dream Coach Buatan Body Repair

Bambang menambahkan, alasan piringan cakram tak diberi lapisan anti-karat bukan karena masalah memangkas ongkos produksi agar lebih murah. Kondisi tersebut dilakukan justru untuk mempertahankan fungsinya, yakni agar mudah menimbulkan friksi saat pengereman.

“Karena bila dilapisi cairan, dikhawatirkan justru tak mampu memberi daya pengereman optimal akibat permukaan piringan yang terlalu licin,” kata dia.

gar cakram terhindar dari bercak karat, sebaiknya saat memanaskan mobil, pemilik juga harus membawa mobil berjalan walaupun hanya sekedar keliling komplek.

Selain menghindarkan cakram rem dari karat, hal tersebut juga akan membuat ban lebih awet dan tidak menimbulkan flat spot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com