Hindari Petugas, Pengendara Motor Nekat Putar Balik di Jalan Tol

Kompas.com - 12/10/2021, 07:02 WIB
Sejumlah pengendara melintasi tol Wiyoto Wiyono untuk menghindari banjir di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020). Pengendara motor memasuki tol Wiyoto Wiyono untuk menghindari banjir di jalan jenderal Ahmad Yani. ANTARA FOTO/ Fakhri HermansyahSejumlah pengendara melintasi tol Wiyoto Wiyono untuk menghindari banjir di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020). Pengendara motor memasuki tol Wiyoto Wiyono untuk menghindari banjir di jalan jenderal Ahmad Yani.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pengendara sepeda motor masuk ke jalan tol kembali terjadi. Kali ini terjadi di Jalan Tol Km 741.800 jalur arah Surabaya - Mojokerto, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Kejadian bermula saat pengendara sepeda motor yang sedang berboncengan masuk ke jalan tol melalui Intrans Karangpilang arah Mojokerto.

Sesampainya di gerbang Tol Warugunung, pengendara tersebut diberhentikan petugas sekuriti tol Jasa Marga, namun malah melarikan diri dengan berbalik arah. Pengendara itu berjalan dengan asiknya melawan arus kembali ke arah timur (Surabaya).

Baca juga: Kenapa Pabrikan Otomotif Jepang Tak Bisa Langsung Beralih ke Elektrifikasi?

Pada saat bersamaan, datang sebuah bus PO Juragan 99 berjalan dari arah Timur ke Barat (Surabaya – Mojokerto). Alhasil tabrakan pun tak dapat dihindari.

“Tabrak depan. Korbannya, dua orang yakni pengemudi dan penumpang, namun keduanya belum diketahui identitasnya. Keduanya dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian,” ” ujar Kanit Laka Lantas Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistiono, dikutip dari keterangan resmi, Senin (11/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun faktor yang menyebabkan kecelakaan diduga kurangnya kehati-hatian pengendara saat mengendarai kendaraan. Sementara, akses jalan tol tidak diperkenankan dilalui oleh sepeda motor.

Perlu diingat, jalan tol didesain untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi dan memiliki bobot cukup besar, menyesuaikan mobil maupun bus dan truk. Sehingga momentum yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan tersebut berisiko menimbulkan kecelakaan bagi sepeda motor yang dimensinya lebih kecil (tidak sesuai).

Pengendara motor masuk jalan tolinstagram.com/kabarjakarta1 Pengendara motor masuk jalan tol

Aturan dan sanksi

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 Ayat 1, disebutkan, “Jalan tol hanya diperuntukan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih”.

Baca juga: Taktik Kecil Marc Marquez Agar Kembali Kencang

Atas pelanggaran tersebut, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pasal 63 ayat 6 dijelaskan, “Setiap orang selain pengguna jalan tol dan petugas jalan tol yang dengan sengaja memasuki jalan tol sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 14 (empat belas) hari atau denda paling banyak Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah)”.

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 287 ayat 1 menjelaskan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas atau Marka Jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.