Lancer Evolution VIII Ini Jadi Mobil Terkencang di Sentul Drag Fest

Kompas.com - 29/11/2021, 09:22 WIB
Lancer Evolution VIII ini jadi mobil terkencang sekaligus merebut Jawara Sentul Drag Race, November 2021. KOMPAS.com/DIO DANANJAYALancer Evolution VIII ini jadi mobil terkencang sekaligus merebut Jawara Sentul Drag Race, November 2021.

BOGOR, KOMPAS.com – Sentul Drag Fest seri kelima kembali bergulir pada 26-28 November 2021. Pada ajang balap lurus kali ini, Mitsubishi Lancer Evolution VIII milik Stefen Teo dari Steve Garage bisa dibilang jadi penguasanya.

Berdasarkan catatan penyelenggara, pebalap asal Riau ini berhasil menorehkan waktu tercepat 6,849 detik pada trek 201 meter dan 9,558 detik pada trek 402 meter di kelas FFA (Free For All).

“Pastinya senang banget, kemaren di 201 M rekor, sekarang di 402 M rekor lagi,” ujar Stefen, saat ditemui Kompas.com di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (28/11/2021).

Baca juga: Kasus Mercy Lawan Arah di Jalan Tol, Ini Ancaman Hukumannya

Lancer Evolution VIII milik Stefen TeoKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Lancer Evolution VIII milik Stefen Teo

Stefen mengatakan, dalam balap adu lurus, tenaga mobil memang punya pengaruh besar. Namun bukan hal yang paling utama dalam performa mobil drag.

“Rahasianya dari cara bawa, konsentrasi. Gimana kita membuat waktu yang cepat jadi lebih lambat, sehingga kita bisa lebih fokus sama mobil,” kata dia.

Menurutnya, trek sepanjang 402 meter punya karakter yang berbeda dibandingkan trek 201 meter. Oleh sebab itu, pebalap harus bisa menemukan strategi terbaik dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: Video Viral Mercy Lawan Arah di Tol, Tabrak Mobilio sampai Ringsek

Lancer Evolution VIII dalam ajang Sentul Drag FestKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Lancer Evolution VIII dalam ajang Sentul Drag Fest

“Trek 402 M tentu lebih panjang, dari konsentrasi juga harus lebih, karena sampai gigi lima. Untuk 201 M, saat kita masuk gigi 4 sudah finis. Yang penting tenang. Kalau kita enggak fokus, pasti ada yang miss. Harus lebih fokus saja,” ucap Stefen.

Seperti diketahui, Mitsubishi Lancer Evolution VIII tunggangan Stefen merupakan mobil lansiran 2006. Sejak 2010, mobil ini telah dipakai adu drag di berbagai kejuaraan.

Di Sirkuit Sentul, Lancer ini juga memegang rekor 402 meter yang dipegang Stefen sebelumnya, yakni di angka 9,7 detik.

Kini dengan catatan terbaru 9,5 detik, mobil ini diklaim memecahkan rekor sebagai mobil drag 4-silinder tercepat di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.