Angin Kencang di Jakarta, Waspada Pohon Tumbang Saat Berkendara

Kompas.com - 24/11/2021, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angin kencang terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (23/11/2021). Kondisi ini disebabkan oleh siklon tropis paddy yang terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah.

Salah satu akibat dari siklon ini adalah angin kencang yang dapat mengakibatkan pohon tumbang. Seperti contoh yang terjadi di Jalan Kayu Putih Raya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

Pohon berdiameter 1 meter dilaporkan tumbang dan menimpa satu unit mobil hingga menutup jalan raya,” ucap Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman, dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Peugeot 308 Raih Penghargaan Car Of The Year 2021

Akibatnya kejadian tersebut, tampak bagian belakang mobil ringsek tertimpa pohon dengan tinggi sekitar 10 meter itu.

Terkait hal ini, menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari ponsel. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi keamanan, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Mobil yang tertimpa pohon tumbang di Jalan Perintis Kemerdekaan II, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (23/11/2021) petang. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Mobil yang tertimpa pohon tumbang di Jalan Perintis Kemerdekaan II, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (23/11/2021) petang.

Jusri melanjutkan, kondisi tersebut berlaku baik bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pemotor, namun bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya.

“Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik ataupun billboard yang terpasang di pinggir jalan,” ucapnya.

Baca juga: Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 Sukses Digelar

Jusri juga mengingatkan, salah satu lokasi yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kendaraan saat hendak parkir adalah di bawah pohon besar.

“Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang. Terutama jika terjadi hujan yang disertai angin kencang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.