Uji Coba Ganjil Genap di Margonda Depok Dimulai 4 Desember 2021

Kompas.com - 24/11/2021, 07:12 WIB
Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Senin (15/11/2021). KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOJalan Margonda Raya, Kota Depok, Senin (15/11/2021).

DEPOK, KOMPAS.com - Akhirnya Satlantas Polres Metro Depok bakal mulai menguji coba skema lalu lintas ganjil genap di sepanjang Jalan Margonda Raya pada akhir pekan, mulai 4 Desember 2021.

Sebelumnya, wacana mengenai ganjil genap di Jalan Margonda Raya sudah didengungkan sejak September 2021. Namun, implementasinya baru sempat dilakukan jelang akhir tahun ini.

Nantinya, sistem ganjil genap di area tersebut bakal berlangsung selama kurang lebih 6 jam mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Baca juga: All New Xenia Mendominasi Pemesanan Daihatsu Selama Pameran

Ganjil genap tersebut nantinya berlaku untuk mobil. Hal ini diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra. Serupa seperti ganjil genap di daerah lainnya, ada sejumlah kendaraan yang dikecualikan.

Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

"Kita juga membebaskan untuk kendaraan darurat, ambulans, dan kendaraan umum itu kita bisa bebaskan," kata Jhoni, mengutip Kompas.com, Selasa (23/11/2021).

Selama uji coba, sepeda motor masih bisa melintas karena ikut dikecualikan dalam skema ganjil genap tersebut. Ia menjelaskan, sistem ganjil genap di Margonda ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

"Kami masih tahap sosialisasi kita lihat kegiatan ini di lapangan dan kemudian kita lakukan analisa dan evaluasi untuk melihat apakah ganjil dan genap ini dapat mengurai kemacetan di daerah Margonda," ujar Jhoni.

Kebijakan memberlakukan uji coba ganjil genap sebagai sistem pembatasan jumlah kendaraan bermotor dipilih dilatarbelakangi kondisi kepadatan lalu lintas di Jalan Margonda Raya tiap akhir pekan.

"Pada hari Sabtu dan Minggu itu sering terjadi kemacetan maka langkah yang kami ambil, Polres Depok khususnya Satlantas melakukan uji coba pelaksanaan ganjl genap," kata Jhoni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.