Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalur Alternatif Saat Ganjil Genap Margonda Depok Diterapkan

Kompas.com - 04/10/2021, 07:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Sudah diketahui warga Depok bahwa terdapat wacana diterapkannya skema lalu lintas ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Oktober ini.

Polres Metro Depok juga telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk kendaraan pribadi yang tidak bisa melintasi Jalan Margonda Raya saat aturan tersebut mulai diterapkan nantinya.

Dalam keterangan resminya, Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Andi M Indra Waspada menjelaskan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tidak dapat melintas saat penerapan aturan ganjil genap.

"Masyarakat tidak usah khawatir. Kita kan udah buatkan jalur alternatif juga. Kalau mau menuju Djuanda, itu kan ada jalur alternatif yang bisa kita lewatkan tuh. Jadi sudah kita antisipasi juga untuk jalur alternatif," ujar Andi, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Suzuki Saluto 125 Cocok buat Lawan Benelli Panarea dan Honda Scoopy

Ia pun menerangkan bahwa pihaknya akan menyiapkan rambu-rambu guna menghindari kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sebagai imbas atas pemberlakuan ganjil genap.

Ilustrasi Jalan Margonda yang lengang.Tribunnews.com Ilustrasi Jalan Margonda yang lengang.

"Pertama rambu-rambu untuk jalur yang dilewati. Sehingga nanti masyarakat jelas apabila memang ternyata kendarannya tidak sesuai dengan jam ganjil genap maka mereka bisa lewat ke jalur yang sudah disiapkan," katanya melanjutkan.

Kebijakan membuka jalur alternatif ini diambil guna mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Margonda Raya. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan upaya pengalihan arus lalu lintas agar kepadatan dapat terurai.

Baca juga: Pertamax Turbo Turun, Ini Perbandingan Harga BBM Pertamina dan Shell

Lebih detail, jalan alternatif yang telah disiapkan di beberapa titik antara lain adalah dari arah Lenteng Agung diarahkan belok kiri ke Jalan Komjen M Jasin. Sementara dari arah Jalan Komjen M Jasin diarahkan lurus ke Lenteng Agung.

Sedangkan dari arah Juanda diputar balik, dari exit tol diarahkan belok kiri ke arah Juanda. Untuk pengendara dari arah Jalan Arif Rahman Hakim diarahkan belok kanan ke Jalan Margonda Seg.1.

Sementara itu untuk pengendara dari arah Jalan Margonda Seg.1 dibelokkan ke Jalan Arif Rahman Hakim, dan dari arah Tol Kukusan dibelokkan ke Jalan Ir. H Juanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com