Nissan Masih Mengandalkan Kicks e-Power untuk Indonesia

Kompas.com - 15/11/2021, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Nissan tidak cuma menjagokan Leaf yang 100 persen murni menggunakan daya listrik tanpa mesin pembakaran internal, tetapi juga Kicks e-Power yang menawarkan teknologi hybrid seri.

Mobil berpenggerak listrik ini tidak membutuhkan charger karena daya listrik yang dibutuhkan baterai dipasok dengan mesin bensin. Teknologi hybrid seri ini ideal digunakan pada mobil berukuran kompak seperti Kicks dan di Jepang baru saja meluncur Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hybrid yang menggunakan teknologi sama. 

Melalui teknologi e-Power, mobil SUV milik Nissan ini bergerak menggunakan tenaga listrik, dan mesin yang ada dalam mobil hanya digunakan untuk mengisi daya baterai.

Baca juga: Harga Lebih Mahal, Mampukah Xpander Bersaing Lawan Avanza?

Berkat teknologi ini, Nissan mengeklaim konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. Sebab, keberadaan bahan bakar di sini hanya sebagai pengisi daya baterai.

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Beberapa waktu lalu sebelum digelarnya GIIAS 2021, Sales dan Marketing Director Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Tan Kim Piauw menjelaskan bahwa teknologi e-Power akan cocok dengan kondisi di Indonesia saat ini.

"Tantangannya adalah penyediaan tempat mengecas baterai. Kalau di kota besar mungkin banyak, tapi di kota kecil tentunya akan kesulitan," ujar Tan.

Oleh sebab itu, menurut Tan, juga ke depan demi mendukung elektrifikasi di Tanah Air, Nissan akan terus menjual mobil dengan teknologi e-Power tentunya yang sesuai dengan karakter konsumen di Indonesia.

Baca juga: Supir Truk Tertabrak Saat Ganti Ban, Ingat Prosedur Aman Berhenti di Jalan Tol

Daihatsu Rocky Hybriddaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky Hybrid

Sistem e-Power sendiri menawarkan tenaga maksimal hingga 95 kW dan torsi maksimal 260 Nm mengandalkan baterai lithium-ion. Sehingga, mengendarai Kicks e-Power akan memberikan pengalaman layaknya kendaraan listrik 100 persen.

Dari segi keselamatan, sejumlah fitur sudah ditanamkan di Kicks e-Power, seperti Nissan’s Safety Shield System, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Cruise Control, dan Blind Spot Warning.

Lalu ada pula teknologi Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control, dan Hill Start Assist. Untuk banderolnya, Nissan Kicks e-Power saat ini dihargai Rp 479 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.