Bersiap, Pasar MPV Sejuta Umat Dalam Negeri Kembali Memanas

Kompas.com - 15/11/2021, 07:42 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan keluarga berkapasitas 7-penumpang berharga terjangkau atau biasa dikenal low multi purpose vehicle (LMPV) akan semakin memanas.

Pemicunya, tentu saja peluncuran model-model baru, penyegaran, sampai limited edition jadi penyebabnya. Simak saja, ada Toyota Veloz, Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, sampai Suzuki Ertiga Limited meluncur akhir tahun ini.

Belum lagi, dalam waktu dekat akan hadir pula jenis kendaraan serupa dari pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai yang langsung diproduksi lokal pada pabrik terbarunya yang bertempat di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Sebelum Beli, Intip Perbedaan Tipe All New Avanza

Toyota Avanza generasi ketigaDok. TAM Toyota Avanza generasi ketiga

Melihat penetrasi yang agresif itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi porsi segmen LMPV terhadap total pasar mobil nasional akan meningkat jadi 23 persen di tahun depan.

"Pada 2020-2021, kontribusinya menurun menjadi sekitar 16 persen. Saya rasa, dengan penyegaran yang dilakukan bisa kembali ke level 23 persen," kata Sekertaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prediksi serupa juga diamini oleh seluruh pabrikan otomotif yang terlibat di pasar gemuk tersebut, seperti Toyota, Daihatsu, serta Mitsubishi. Apalagi, mulai tahun depan diberlakukan aturan carbon tax melalui PP 73/2019.

Sehingga, di samping persaingan harga, produsen akan saling memberikan fitur terbaik kepada konsumennya seraya menekan produksi gas emisi serta meningkatkan efisiensi.

"Melihat dari data, LMPV ini market size-nya pada Januari-September ada di atas 109.000 unit. Tahun lalu ketika pandemi, 106.000 unit sementara di periode sebelumnya mencapai 230.000 unit," kata llham Iranda Syahputra, Head of Sales Region 1 Department PT MMKSI.

Baca juga: Harga Lebih Mahal, Mampukah Xpander Bersaing Lawan Avanza?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.

"Sehingga bisa dikatakan, segmen ini masih baik sekali dan mulai pulih. Tahun depan, kita optimistis akan menjadi pasar yang besar lagi," lanjut dia.

Pada kesempatan terpisah, Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy memaparkan, segmen LMPV kian diburu oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang menarik yakni Rp 200 juta - Rp 300 juta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.