Harga Lebih Mahal, Mampukah Xpander Bersaing Lawan Avanza?

Kompas.com - 14/11/2021, 07:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di dalam negeri agaknya kembali memanas setelah berbagai pabrikan terkait menghadirkan pembaharuan terhadap produk terbaiknya.

Terkhusus pada Mitsubishi Xpander yang disebut sebagai pesaing terkuat dari Toyota Avanza sebagai model kendaraan terlaris di Indonesia. Tetapi, melihat harganya, cukup kontras dengan perbedaan sekitar Rp 20 jutaan.

Di mana, Xpander kini dipasarkan mulai Rp 228 juta sampai Rp 272 jutaan on the road DKI Jakarta. Sementara Avanza berkisar di antara Rp 206 juta hingga Rp 291,5 juta dengan total tujuh varian.

Baca juga: Komentar Pengunjung Soal Xpander Facelift

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat peluncuran mobil terbaru New Xpander dan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). MMKSI mengumumkan harga dari kedua produk tersebut. Xpander terbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 228 jutaan hingga Rp 272,5 jutaan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model New Xpander Cross hadir dengan banderol harga Rp 294 jutaan sampai Rp 291 jutaan.

Hal tersebut salah satunya dikarenakan Xpander hanya miliki satu pilihan kapasitas mesin yaitu 1.5 liter. Sedangkan pesaingnya lebih lengkap, dari 1.3 liter sampai 1.5 liter sehingga lebih bervariasi.

"Ini pertanyaan yang menarik karena dibandingkan produk lain, Avanza memiliki lebih banyak varian. Tetapi, dari fiturnya tentu berbeda," kata Director Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Eichiro Hamazaki.

"Kami percaya produk kami selalu value for money, harganya sesuai dengan nilai yang didapatkan, kami selaku APM sajikan produk terbaik untuk para konsumen," lanjut dia.

Menurutnya, dari harga yang lebih mahal itu konsumen justru mendapatkan banyak hal yang menguntungkan. Dari fitur dan teknologi, biaya perawatan kendaraan atau Total Cost of Ownership (TCO), sampai harga jual kembali.

Baca juga: Penasaran, Calon Konsumen Langsung Test Drive Avanza dan Veloz Terbaru

 

Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021

Untuk diketahui, untuk harga jual kembali, Xpander baru saja mendapatkan penghargaan Best Resale Value dari Gridoto Awards 2021.

"Ini produk yang sangat matang sehingga konsumen dapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Kami memiliki layanan aftersales terbaik dan harga jual kembali yang menguntungkan," ucap Eichiro.

Berikut harga Mitsubishi New Xpander:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.