Menperin Dorong Piaggio Indonesia Kembangkan Motor Listrik

Kompas.com - 11/11/2021, 12:52 WIB
Piaggio One tersedia dalam tiga varian, yaitu Piaggio One, One+ dan One Active. Foto: Moto.itPiaggio One tersedia dalam tiga varian, yaitu Piaggio One, One+ dan One Active.


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia akan memproduksi Vespa di dalam negeri dengan mendirikan pabrik perakitan di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik akan berada di area seluas 55.000 meter persegi dan mampu memproduksi 10.000 unit per tahun. Pabrik di Indonesia merupakan fasilitas produksi keempat setelah Italia, India, dan Vietnam.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik Siap Digelar Mei 2022

Piaggio umumkan produksi skutik elektrik mereka, ElettricaPiaggio Piaggio umumkan produksi skutik elektrik mereka, Elettrica

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, ekspansi yang dilakukan PT Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari merek motor asal Italia tersebut.

Selain itu juga memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

Baca juga: Daftar Merek Kendaraan Bermotor Hadir di GIIAS 2021

“Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia,” kata Menperin pada Groundbreaking Pembangunan Fasilitas Produksi di Cikarang, Selasa (9/11/2021).

Skuter listrik Piaggio OneDok. Rideapart.com Skuter listrik Piaggio One

Menperin juga mendorong agar PT Piaggio Indonesia dapat mengembangkan motor listrik, dan melibatkan industri komponen skala kecil dan menengah menjadi bagian rantai pasok.

“Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.