Kasus Pelat Nomor Palsu, Polisi Ingatkan Pentingnya Konfirmasi ETLE

Kompas.com - 08/11/2021, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengingatkan para pengendara yang terkena tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk melakukan konfirmasi pelanggaran.

Hal ini guna mencegah kasus pemalsuan pelat nomor kendaraan seperti yang terjadi di wilayah Margonda, Depok, beberapa waktu lalu.

“Pemilik kendaraan harus melakukan konfirmasi, apakah itu benar kendaraannya (melakukan pelanggaran) atau bukan. Karena kalau tidak konfirmasi berarti pemilik kendaran menyatakan kalau pelanggaran ini benar dilakukan sehingga dilakukan blokir STNK,” ucap Argo kepada Kompas.com, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Melihat Sistem Penguncian Kontainer pada Truk Trailer

Caranya mudah. Konfirmasi bisa dilakukan melalui website https://etle-pmj.info atau melalui whatsapp ke nomor yang tertera. Bila dipesan tersebut terdapat barcode, pelanggar dapat lakukan konfirmasi lewat ponsel.

Adapun untuk batas konfimasinya adalah lima hari sejak surat dikeluarkan.

penggunaan pelat nomor palsuinstagram.com/infodepok_id penggunaan pelat nomor palsu

“Jawaban konfirmasinya ya tinggal bilang ‘iya mobil saya melakukan pelanggaran’, atau ‘bukan, mobil saya. Misal karena sudah dijual’,” ucap Argo.

Jika masih ragu, dalam situs tersebut juga akan ada cuplikan video pelanggaran yang dimaksud beserta informasi lengkap tentang kendaraan sesuai dengan Surat Nomor Kendaraan (STNK).

Baca juga: Plus Minus Bus Pakai Selendang Samping

Setelah dilakukan konfirmasi, petugas akan mengirimkan surat lanjutan berupa surat tilang elektronik yang lengkap dengan jenis pelanggaran dan biaya.

Namun, jika memang pelat nomor tidak sesuai (dipalsukan), sekali lagi Argo mengingatkan, pemilik kendaraan untuk segera melapor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.