Ada Angkot Terbakar Tiba-tiba, Begini Cara Aman Mengatasi Kebakaran

Kompas.com - 07/11/2021, 13:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelalaian manusia kembali terjadi. Kali ini dialami sebuah angkot yang memuat delapan orang, secara tiba-tiba terbakar hebat pada Sabtu (6/11/2021).

Dilansir dari Kompas Regional (7/11/2021), insiden yang terjadi di di Jalan Lintas Riau-Sumatera Utara di Kilometer 12 Kepenghuluan Bangko, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Akibat kejadian ini, tiga dari delapan orang penumpang mengalami luka bakar 90 persen. Sementara lainnya selamat.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara yang Nekat Pakai Pelat Nomor Palsu

Evakuasi korban luka bakar akibat kebakaran angkot di Kabupaten Rohil, Riau, Sabtu (6/11/2021).Dok. Polres Rohil Evakuasi korban luka bakar akibat kebakaran angkot di Kabupaten Rohil, Riau, Sabtu (6/11/2021).

Mirisnya dari delapa orang tersebut, empat orang di antaranya adalah anak-anak. Bahkan ada seorang bayi berusia delapan bulan.

Kepala Kepolisian Resor Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, mengatakan, Kebakaran itu diduga karena korsleting dari baterai listrik.

Selain itu, angkot tersebut juga membawa jeriken Pertalite yang membuat api membesar dengan cepat.

Baca juga: Syarat dan Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

Mobil terbakar yang diketahui adalah Ford Mustang Shelby GT500, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan diduga karena terjadi korsleting listrikDok. @tmcpoldametro Mobil terbakar yang diketahui adalah Ford Mustang Shelby GT500, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan diduga karena terjadi korsleting listrik

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, banyak pengemudi yang tidak mempersiapkan pemadaman jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di mobil.

“Memadamkan api satu-satunya harus dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), tanpa alat tersebut kita hanya jadi penonton melihat aset hangus terbakar,” ujar Sony, kepada Kompas.com (7/11/2021).

Untuk meminimalisir potensi terjadinya kebakaran sewaktu berkendara, pengemudi atau pemilik mobil harus memperhatikan beberapa hal.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Algarve 2021, Bagnaia Pole Position

Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil.challengertalk.com Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil.

Menurut Sony, sebaiknya hindari modifikasi-modifikasi kendaraan, terutama pada bagian kelistrikannya. Sebab penggunaan komponen tidak standar berisiko menyebabkan korsleting listrik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.