Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Kompas.com - 03/11/2021, 17:32 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor saat musim hujan harus ekstra hati-hati. Selain kondisi jalanan menjadi lebih licin, adanya ancaman lain seperti jalan berlubang juga bisa mengganggu dan membahayakan pengendara.

Belum lagi situasi lalu lintas yang padat dan pandangan yang terhalang menjadi tantangan tersendiri yang harus diantisipasi.

Jika pengendara abai, hal ini bisa menjadi pemicu kecelakaan bagi diri sendiri dan pengguna jalan yang berada di sekitar.

"Jalan licin, jalan rusak ditambah lagi visibilitas yang tak baik dari dalam kabin, wajib diperhatikan selain kondisi teknis di kendaraan. Maka dari itu kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik di kendaraan kita sebelum berkendara di musim hujan," ucap Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Model Baru Segera Meluncur, Simak Harga Avanza Bekas per November 2021

Berikut cara aman mengendarai mobil pada saat musim hujan agar aman dan nyaman sampai tujuan:

1. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai anjuran pabrikan.

Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir.

Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya segera diganti. Sebab, jika tidak dapat mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya aquaplannig (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

2. Periksa kondisi semua lampu mobil.

Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi obyek yang ada di depan kita, sekaligus memperjelas pandangan pengendara.

Cara aman berkendara mobil saat hujan adalah memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (head lamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign (tanda) dan lampu darurat. Semua lampu itu punya fungsi masing-masing saat hujan.

VKOOLVKOOL VKOOL

3. Jaga jarak kendaran.

Apalagi bila Anda kebetulan mengendarai mobil pada malam hari, atau memang siang hari namun hujan lebat akan membuat suasana menjadi gelap. Maka kondisi ini membuat Anda juga harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak sekitar 6 detik dari mobil Anda, atau hingga di luar jarak pandang Anda.

4. Hindari berkendara di tepi jalanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com