Kompas.com - 01/11/2021, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehabisan bensin saat di tengah perjalanan bisa terjadi pada siapapun, terutama jika pengendara abai terhadap indikator bahan bakar pada panel instrumen sepeda motornya.

Selain itu, ada pula pengendara yang hanya mengandalkan perasaan dan yakin bahwa kendaraannya masih bisa melaju beberapa kilometer lagi meski indikator bahan bakar sudah menunjukkan tanda pada huruf E.

Perlu diingat, ketika indikator bahan bakar sudah berkedip atau menunjukkan tanda huruf E alias empty, tangki bahan bakar tidak benar-benar kosong.

Baca juga: Taat Bayar Pajak, Kendaraan Akan Ditempel Stiker Hologram

Pada sepeda motor lawas yang masih menggunakan teknologi karburator, terdapat cadangan bahan bakar yang tersimpan di reservoir (RES).

Ketika indikator menunjukkan bensin habis, pengendara tinggal memutar keran bensin ke posisi RES untuk menggunakan bensin cadangan.

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas pada sepeda motor berteknologi injeksi, tidak ada keran maupun reservoir untuk menyimpan bensin cadangan. Bensin pada tangki langsung disedot oleh pompa bensin.

Baca juga: Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung.

Indikator bahan bakar yang berkedip atau menunjukkan tanda huruf E memang tidak berarti tangki bensin benar-benar kosong. Pengendara masih bisa melanjutkan perjalanan untuk beberapa saat.

Namun, jarak yang bisa ditempuh akan berbeda-beda untuk tiap jenis sepeda motor dan karakteristik pengendara.

Sebab daya konsumsi bensin turut dipengaruhi oleh cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang diangkut sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.