Kompas.com - 29/10/2021, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sepeda motor terbakar di depan Plaza Festival, Rasuna Said pada Jumat (29/10/2021) pagi.

Dalam video yang diunggah oleh akun Jakarta Info, terlihat petugas yang berusaha memadamkan kobaran yang menyelimuti motor menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Hingga video selesai, tidak dijelaskan apakah api berhasil dipadamkan atau tidak.

Insiden motor terbakar memang bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara mesti selalu waspada untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sepeda motor terbakar.

Baca juga: Modifikasi Yamaha All New Aerox 155 Kolaborasi dengan Prostreet

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber.

Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

Baca juga: Kupas All New Honda Civic Varian Tertinggi, Pertama Kali Jadi RS

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena di situ akan selalu diperiksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel businya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.