Pentingnya Tengok Kiri Kanan, dan Jaga Kecepatan di Jalan Raya

Kompas.com - 24/10/2021, 13:01 WIB
pengendara motor adu banteng saat hendak berbelok instagram.com/romansasopirtruckpengendara motor adu banteng saat hendak berbelok


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengendara sepeda motor, potensi kecelakaan di jalan raya dapat hadir dari berbagai faktor. Salah satu penyebab yang cukup sering terjadi adalah pengendara motor yang kurang waspada saat hendak menikung.

Misalnya seperti video yang diunggah oleh akun instagram @romansasopirtruck, Sabtu (23/10/2021). Dalam rekaman tersebut, terlihat pengendara motor wanita yang berboncengan hendak berbelok dengan memotor jalur mobil.

Pemotor wanita itu terlihat sudah menyalakan lampu sein. Namun, aksinya yang memotong jalur mobil tersebut berbahaya sebab dilakukan tanpa memperhitungkan kendaraan dari lawan arah.

Baca juga: 2 Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Pakai Sasis Tronton Volvo

Pada saat bersamaan, pengendara sepeda motor melintas dari arah lainnya dengan kecepatan tinggi. Alhasil, terjadi kecelakaan hingga kedua pengendara motor tersebut terpental ke jalan raya.

Menanggapi hal ini, Head of Safety Riding Wahana Agus Sani mengatakan, tak sedikit pemotor yang kurang konsentrasi saat akan belok sehingga meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika berkenda keselamatan adalah yang utama, jadi harus sabar. Jangan memaksa, agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” ucap Agus kepada Kompas.com.

Baca juga: Ini Pilihan Sedan Eropa Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Agus melanjutkan, trik dasar saat ingin belok seperti melihat spion, menoleh dan mengecek kondisi bekalang serta kanan kiri, bukan hal yang bisa disepelekan.

Selain itu, perhatikan jarak ketika menyalakan sein, jangan terlalu dekat atau malah terlalu jauh dari belokan. Karena membuat pengendara lain bingung dan tidak nyaman.

“Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.