2 Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Pakai Sasis Tronton Volvo

Kompas.com - 23/10/2021, 16:21 WIB
Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) kembali merilis bus baru dari karoseri Laksana. Sebelumnya, PO STJ merilis bus baru dengan sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan bodi Legacy SR2 XHD Prime dengan julukan Draka.

Kali ini, dua unit bus baru milik PO STJ kembali rilis dari karoseri Laksana. Bodi yang digunakan juga sama, Legacy SR2 XHD Prime yang sekarang dipasang ke sasis Volvo B11R.

Layaknya bus milik PO STJ, dua bus baru ini pun langsung punya julukan, yaitu Thariq dan Faqih. Kedua bus dengan sasis premium ini memiliki kelir abu-abu kombinasi hitam dan hitam dengan aksen merah.

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, sasis bus sudah masuk ke karoseri Laksana sudah sejak sebelum pandemi, namun baru sekarang baru bisa diambil. Mengingat selama pandemi Covid-19 berlangsung, para PO bus mengalami penurunan pendapatan.

“Spesifikasinya, di kabin ada sekat di depan dan belakang untuk tempat tidur sopir. Lalu ada dua TV berukuran 24 inci, toilet dan dispenser,” ucap Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana kepada Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Sekat yang ada di depan biasanya dipasang agar kabin pengemudi bisa dijadikan smoking area. Sehingga pengemudi dan kru bisa merokok dan tidak mengganggu penumpang yang ada di belakang.

Baca juga: Stoner Ungkap Alasan Sebenarnya Pensiun dari MotoGP

Dispenser dan toilet tengah di kabin busDOK. LAKSANABUS Dispenser dan toilet tengah di kabin bus

Sedangkan untuk sekat yang ada di belakang, untuk tempat tidur sopir (kandang macan) bisa dibilang cukup unik. Adanya sekat bisa membuat istirahat pegemudi lebih nyaman dan juga tidak mengganggu penumpang.

Untuk bangkunya, memakai buatan Hai Rimba Kencana dan dilengkapi dengan leg rest. Jika dilihat lewat Youtube Sudiro Tungga Jaya, di dalam kabin bus sepanjang 13,5 meter ini hanya diisi 36 bangku yang membuat jarak antar bangkunya luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.