Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Bus Baru PT Rapi, Pakai Sasis Tronton Semua

Kompas.com - 22/10/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Raja Perdana Inti (PT Rapi) baru saja mengambil bus baru garapan karoseri Tentrem. Total ada tiga bus yang siap digunakan untuk mengisi trayek di Lintas Sumatera.

Tiga unit bus baru ini juga tidak sembarangan, memakai sasis premium tronton bermerek Scania K410 yang dipasang ke bodi Avante H9. Avante H9 ini merupakan varian bodi dari karoseri Tentrem yang punya dimensi tinggi 3,9 meter.

Untuk bagian eksterior, khas dari Avante H series adalah bagian kaca depan yang jenong. Model kaca depan bagian atas yang landai ini tentu ada perhitungan aerodinamika, selain itu juga membuat pandangan penumpang ke luar jadi luas.

Baca juga: Viral, Video Truk Adang Rombongan Bus yang Nekat Lawan Arah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Walaupun pandangan luas ke depan, bagian kaca depannya dipasang tameng besi, mengingat di Lintas Sumatera masih marak atlet lempar batu. PT Rapi menggunakan kelir khas, yakni biru muda dengan sentuhan grafis menyerupai bukit dengan warna biru tua.

Sales Staf karoseri Tentrem Dimas Raditya menjelaskan, pada bagian kabin terdapat banyak fasilitas yang membuat penumpang nyaman. Misalnya ada 44 bangku buatan Hai Rimba Kencana dengan susunan 2-2.

“Di kabinnya juga ada dua smoking area, di depan dan tengah bersama dengan toilet,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Begini Syarat dan Biaya Bikin SIM B1 dan B2

Smoking area di depan artinya ada sekat yang memisahkan kabin penumpang dan pengemudi. Jadi selain bebas asap rokok, kabin penumpang juga lebih kedap suara, sehingga perjalanan penumpang bakal semakin nyaman.

“Kalau smoking area di tengah, bareng dengan toilet, jadi tangganya dibuat sekat,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.