Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trio Bus Baru PT Rapi, Pakai Sasis Tronton Semua

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Raja Perdana Inti (PT Rapi) baru saja mengambil bus baru garapan karoseri Tentrem. Total ada tiga bus yang siap digunakan untuk mengisi trayek di Lintas Sumatera.

Tiga unit bus baru ini juga tidak sembarangan, memakai sasis premium tronton bermerek Scania K410 yang dipasang ke bodi Avante H9. Avante H9 ini merupakan varian bodi dari karoseri Tentrem yang punya dimensi tinggi 3,9 meter.

Untuk bagian eksterior, khas dari Avante H series adalah bagian kaca depan yang jenong. Model kaca depan bagian atas yang landai ini tentu ada perhitungan aerodinamika, selain itu juga membuat pandangan penumpang ke luar jadi luas.

Walaupun pandangan luas ke depan, bagian kaca depannya dipasang tameng besi, mengingat di Lintas Sumatera masih marak atlet lempar batu. PT Rapi menggunakan kelir khas, yakni biru muda dengan sentuhan grafis menyerupai bukit dengan warna biru tua.

Sales Staf karoseri Tentrem Dimas Raditya menjelaskan, pada bagian kabin terdapat banyak fasilitas yang membuat penumpang nyaman. Misalnya ada 44 bangku buatan Hai Rimba Kencana dengan susunan 2-2.

“Di kabinnya juga ada dua smoking area, di depan dan tengah bersama dengan toilet,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Smoking area di depan artinya ada sekat yang memisahkan kabin penumpang dan pengemudi. Jadi selain bebas asap rokok, kabin penumpang juga lebih kedap suara, sehingga perjalanan penumpang bakal semakin nyaman.

“Kalau smoking area di tengah, bareng dengan toilet, jadi tangganya dibuat sekat,” kata Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/22/120200015/trio-bus-baru-pt-rapi-pakai-sasis-tronton-semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke