Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis AC Mobil, Jangan Tunggu Sampai Tidak Dingin

Kompas.com - 21/10/2021, 19:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan salah satu komppnen yang memiliki peranan penting dalam kenyamanan berkendara mobil, baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Maka dari itu diperlukan perawatan khusus untuk memastikan AC mobil bisa bekerja optimal.

Tidak sedikit pemilik mobil yang baru datang ke bengkel untuk servis AC ketika komponen tersebut sedang bermasalah, padahal AC dingin belum tentu sehat.

Baca juga: Setop Jualan di Indonesa, Honda SH150i Pakai Mesin Baru di Vietnam

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, walaupun AC mobil masih terasa dingin harus tetap dilakukan perawatan rutin.

“Perawatan bisa dilakukan setiap tiga bulan atau enam bulan, paling lambat setahun sekali,” ucap Kevin kepada Kompas.com, belum lama ini.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Menurut Kelvin, kebanyakan AC mobil rusak karena tidak diperhatikan pemilik kendaraan dan menyerahkannya ke bengkel resmi. Padahal, servis di bengkel resmi tidak selalu melakukan pengerjaan AC secara detail. Umumnya hanya melakukan servis ringan seperti membersihkan filter AC.

“Seperti komponen receiver dryer yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC, kemudian expansion valve yang berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas, oli kompresor atau flushing. Ini jarang dilakukan di diler,” katanya.

Baca juga: Ini Bedanya Ujian buat Pemohon SIM B1 dan B2 dengan SIM A

Oleh sebab itu, diharapkan pemilik mobil sebaiknya berperan aktif dalam merawat AC mobil secara rutin, agar udara yang dihasilkan tidak hanya sekedar dingin namun juga bersih dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com