Bocoran Penyusutan Harga Mobil Listrik Toyota Imbas Pajak Karbon

Kompas.com - 16/10/2021, 13:21 WIB
Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019. CUTENKPerjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan skema baru Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi gas buang, resmi diterapkan hari ini, Sabtu (16/10/2021).

Regulasi tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang perubahan atas PP Nomor 73 Tahun 2019 yang isinya mengubah pengenaan tarif PPnBM pada kendaraan bermotor.

Melalui aturan baru itu, beberapa model kendaraan yang dipasarkan di dalam negeri akan mengalami penyesuaian harga jual. Termasuk segmen mobil listrik.

Baca juga: Daihatsu Mengaku Lagi Studi Mesin Baru untuk Gran Max

Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.CUTENK Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.

Diketahui, golongan mobil listrik di Indonesia ada empat yaitu hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), fuel cell electric vehicle (FCEV), dan battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik murni.

Dalam perkembangannya, saat ini hanya Toyota yang hampir memiliki produk mobil listrik secara lengkap. Lantas, bagaimana harganya usai carbon tax berlaku?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan lembar bocoran yang diterima redaksi, harga rata-rata mobil listrik Toyota mengalami penurunan hingga Rp 120 juta dibanding ketika diterapkan aturan PPnBM yang lama.

Rinciannya, Corolla Cross 1.8 Hybrid A/T menjadi Rp 506 jutaan dari sebelumnya Rp 521,4 juta dengan penurunan sekitar Rp 15,3 juta setelah berlaku carbon tax.

Baca juga: Ketahui Apa Keuntungan Mobil dengan Sistem Penggerak Roda Depan

Rombongan menyebrangi Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk untuk melanjutkan perjalanan.CUTENK Rombongan menyebrangi Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk untuk melanjutkan perjalanan.

Altis Hybrid A/T sebagai mobil perkotaan ramah lingkungan terbaru dari Toyota Indonesia juga mengalami penyusutan harga. Dibanding awal bulan kemarin, turun Rp 89 jutaan menjadi Rp 506,3 juta.

Kemudian banderol Camry 2.5 L A/T Hybrid, turun Rp 128 jutaan menjadi Rp 720,8 juta dari sebelumnya Rp 849,5 juta. Tetapi memang patut diakui, harga kendaraan listrik terkait masih cukup tinggi untuk pasar Indonesia.

Sementara untuk kendaraan listrik lainnya, yaitu Alphard Hybrid, C-HR Hybrid, dan Prius PHEV, belim diinformasikan. Kemungkinan besar, ketiga produk itu tidak mengalami penyesuaian harga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.