Ketahui Apa Keuntungan Mobil dengan Sistem Penggerak Roda Depan

Kompas.com - 16/10/2021, 11:22 WIB
All New Honda BR-V di Semarang HPMAll New Honda BR-V di Semarang

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang hendak membeli mobil, sebaiknya mulai mempelajari spesifikasi mobil yang akan dibeli. Dengan mengetahui spesifikasi mobil, maka pembeli juga akan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil tersebut.

Salah satu yang harus dipahami sebelum membeli mobil adalah tentang sistem penggerak roda. Ada beberapa macam spesifikasi teknologi penggerak roda yang digunakan oleh pabrikan mobil. Salah satunya dan yang semakin umum, adalah mobil penggerak rodak depan atau Front Wheel Drive (FWD).

Baca juga: Jegal Avanza-Xenia dan Xpander Facelift, Suzuki Bakal Hadirkan Ertiga Varian Baru

Mobil dengan sistem penggerak roda depan merupakan mobil yang memiliki mesin yang akan menggerakkan roda bagian depan kendaranan saja.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa keunggulan dari mobil dengan penggerak roda depan. Salah satunya yakni lebih efisien dibanding mobil penggerak roda belakang.

"Dengan konstruksi yang sederhana, maka mobil penggerak roda depan tidak perlu kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang," kata Didi kepada Kompas.com Jumat (15/10/2021).

Toyota Sienta tanpak samping, diperlihatkan berpenggerak roda depan.coolaler.com Toyota Sienta tanpak samping, diperlihatkan berpenggerak roda depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penggunaan konstruksi yang lebih sederhana, mobil dengan penggerak roda depan mempunyai kelebihan memiliki bobot lebih ringan. Dengan begitu, kinerja mesin menjadi lebih ringan dan lebih efisien.

"Nah dengan bobot yang lebih ringan tadi maka kinerja mesinnya menjadi lebih efisien." ucap Didi.

Didi menjelaskan, mobil yang menggunakan penggerak roda belakang biasanya akan ada tenaga yang sedikit terbuang karena adanya propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Efeknya, tenaga yang disalurkan ke dua roda depan akan terasa lebih instan.

Baca juga: 90.000 Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Selain efisien, mobil dengan penggerak roda depan yang tidak menggunakan kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang akan membuat dek mobil bagian tengah lebih rata.

"Biasanya kalau mobil penggerak roda depan itu dek tengah di bagian penumpang itu bisa rata. Karena tidak ada rumah propeller shaft yang membuat adanya gundukan di bagian bawah kabin" ucap Didi.

Propeller shaftKLASOTOMOTIF Propeller shaft

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.