Simak Daftar Sementara Mobil Listrik yang Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 16/10/2021, 09:23 WIB
ILustrasi mobil listrik Dok. Pixabay.comILustrasi mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah produsen otomotif sudah menyatakan komitmennya kepada pemerintah RI untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan bermotor listrik di dalam negeri.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedikitnya ada lima perusahaan yang siap melangkah ke era elektrifikasi, dimulai pada 2023 mendatang.

Langkah ini sesuai dengan upaya Indonesia untuk memulai ekosistem kendaraan listrik dan menjadi basis produksinya, sebagaimana amanat Perpres No.55 Tahun 2019.

Era elektrifikasi ini juga ditopang dengan komitmen Indonesia yang telah dinyatakan di Conference of Parties (COP) ke-21 pada 2015 untuk mengurangi emisi karbon hingga 29 persen pada 2029-2030.

Baca juga: Peralihan Penggunaan Kendaraan Listrik Sebaiknya Berlangsung Alami

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Hanya saja memang ada berbagai aspek yang patut diperhatikan lagi untuk dipersiapkan, sebagaimana dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Sony Sulaksono dalam Webinar Quo Vadis Industri Otomotif Indonesia, Jumat (15/10/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kendaraan listrik tanpa infrastruktur yang kuat tidak ada apa-apanya. Begitu pun faktor lain yang bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung," kata dia.

Berikut daftar pabrikan yang sudah menyatakan komitmennya siap memproduksi mobil listrik di dalam negeri:

Hyundai

Hyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya.Kompas.com/Setyo Adi Hyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya.

Hyundai menjadi salah satu pabrikan otomotif yang sangat bergairah untuk membantu pemerintah RI agar melangkah ke era kendaraan listrik.

Bahkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah berkomitmen untuk menanamkan investasi sebesar 1,55 miliar dollar AS atau sekitar Rp 21,8 triliun ke Tanah Air yang terbagi atas dua tahapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.