Sisa 3 Bulan, Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil pada 2021 Lewati Target

Kompas.com - 14/10/2021, 16:41 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis dengan bergairahnya pasar otomotif di Tanah Air pada 2021, penjualan mobil secara nasional sampai akhir tahun bisa melebihi target yang ditetapkan.

Division Head Marketing & Customer Relation Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya percaya diri penyerapan pasar sampai akhir tahun bakal melebihi target Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo).

"Kami memprediksi pasar otomotif sampai akhir tahun akan sedikit meningkat lebih tinggi dari (target) Gaikindo, perkiraannya di angka 800.000-850.000 unit sepertinya akan tercapai," kata Hendrayadi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Jelang Launching Model Baru, Xpander Diskon Rp 5 Juta di Jateng

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti diketahui, meski tren penjualan mobil di Indonesia mulai membaik sejak adanya diskon 100 persen untuk PPnBM, tetapi sampai saat ini Gaikindo masih mempertahankan target penjualan sebesar 750.000 unit.

Lebih lanjut Hendrayadi mengatakan, meski ada beberapa kendala yang sebenarnya sulit diperkirakan, seperti kebijakan baru soal carbon tax, suplai, dan sebagainya, tapi dengan stimulus relaksasi diskon pajak yang berlanjut hingga Desember, menjadi dasar kuat penjualan mobil nasional bisa melewati target.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang ini kan tinggal kuartal terakhir, kami harap 800.000 unit itu hanya minimal, jadi mudah-mudahan bisa di 850.000 unit," ujar Hendrayadi.

Berkaca dari data penjualan sampai September 2021, untuk wholesales sendiri mencapai 84.113 unit, atau naik 1 persen dari bulan lalu. Namun, dari ritel, jumlahnya turun sekitar 4,2 persen dari 75.819 unit jadi 72.648 unit.

Baca juga: Bendung Calon Avanza-Xenia Baru, Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift

Daihatsu di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu di IIMS Hybrid 2021

Meski anjlok pada September lantaran beberapa faktor, tetapi diadu dengan pencapaian pada periode yang sama pada 2020, jumlahnya naik signifikan hingga 67 persen.

Secara ritel dan wholesales, Toyota masih menjadi pemimpin, dan Daihatsu menempati posisi kedua dengan penjualan ritel 14.187 unit di September dan wholesale 17.529 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.