Naik Suroboyo Bus Sudah Bisa Bayar Pakai Kartu Flazz

Kompas.com - 12/10/2021, 11:12 WIB
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya meluncurkan sistem pembayaran Suroboyo Bus menggunakan kartu e-money dengan cara tapping di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Surabaya, Senin (11/10/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANDinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya meluncurkan sistem pembayaran Suroboyo Bus menggunakan kartu e-money dengan cara tapping di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Surabaya, Senin (11/10/2021).

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya naik Suroboyo Bus bisa menggunakan sampah plastik dan Qris, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Jawa Timur meluncurkan sistem pembayaran Suroboyo Bus menggunakan kartu e-money pada Senin (11/10/2021).

Pembayaran dapat dilakukan dengan cara menempelkan kartu seperti yang dilakukan di tol. Peluncuran sistem pembayaran baru ini dilakukan di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Ban dan Pelek, Empat Ban Hilang Tak Bersisa

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, kali ini Dishub menggandeng perbankan dari BCA dan Bank Jatim, serta Jasa Raharja cabang Surabaya untuk meluncurkan alternatif pembayaran baru untuk Suroboyo Bus.

"Jadi, kalau sebelumnya bayar pakai sampah plastik dan Qris yang diluncurkan oleh Wali Kota, kali ini kita kembangkan lagi alternatif pembayarannya dengan sistem pembayaran tapping menggunakan kartu Flazz, seperti yang biasa dilakukan di tol-tol. Sehingga, cukup menempelkan kartu ke sebuah alat atau mesin yang sudah kita siapkan," kata Irvan dilansir Kompas.com Senin (11/10/2021).

Armada Suroboyo Bus terparkir di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019). Tambahan 10 armada Suroboyo Bus ini akan dioperasikan minggu ini.Dok. Pemkot Surabaya Armada Suroboyo Bus terparkir di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019). Tambahan 10 armada Suroboyo Bus ini akan dioperasikan minggu ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Irvan menambahkan, penggunaan alternatif pembayaran baru ini sesuai dengan visi misi kota Surabaya yang merencanakan sistem transportasi berkelanjutan.

Selain itu, dengan adanya pembayaran dengan kartu atau e-Money juga untuk merealisasikan misi Walikota Surabaya Eri Cahyadi untuk menjadikan Surabaya sebagai Smart City atau Smart Mobility.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Balik Nama Kendaraan Bermotor

Sejak diluncurkan pada Senin (11/10/2021), penumpang Suroboyo Bus dapat langsung menggunakan metode pembayaran ini. Tentunya, sistem pembayaran ini semakin menambah alternatif pembayaran dalam menggunakan jasa layanan Suroboyo Bus.

"Jadi, kami menghindari transaksi tunai, karena program Bapak Wali Kota juga terus mengembangkan sistem cashless. Kami juga mendukung program Bank Indonesia (BI) tentang Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), dan juga pembayaran semacam ini sangat cocok di tengah pandemi ini, karena tidak ada proses bersentuhan yang dapat memicu tersebarnya Covid-19," kata dia.

Pada saat menggunakan pembayaran dengan metode kartu Flazz ini, penumpang juga sudah mendapatkan perlindungan asuransi. Hal ini karena Dishub Kota Surabaya bekerjasama dengan Jasa Raharja dalam pelaksanaannya.

Suroboyo BusIstimewa Suroboyo Bus

"Alhamdulillah mulai hari ini kita sudah bisa pakai kartu Flazz untuk bayar Suroboyo Bus. Alhamdulillah juga ketika naik angkutan Suroboyo Bus, itu dijamin oleh asuransi. Untuk tarifnya masih sama, yaitu Rp 5.000 untuk umum dan Rp 2.500 untuk pelajar dan mahasiswa," kata Irvan.

Baca juga: Biaggi Kenang Perseteruan dengan Rossi, Sebut Keduanya Ayam

Pimpinan Jasa Raharja Surabaya I Wayan Pica menjelaskan, penumpang dan kru Suroboyo Bus mulai naik di titik keberangkatan hingga titik tujuan diberi perlindungan.

Dia menambahkan, perlindungan itu diberikan apabila penumpang maupun kru mengalami musibah kecelakaan dan korban luka-luka, maka diberikan perlindungan biaya perawatan sampai Rp 20 juta.

"Lalu kalau korban itu mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan meninggal dunia, maka ahli warisnya berhak mendapatkan santunan atau dana perlindungan senilai Rp 50 juta. Jadi, ayo naik angkutan umum," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.