Biaggi Kenang Perseteruan dengan Rossi, Sebut Keduanya Ayam

Kompas.com - 11/10/2021, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cerita perseteruan Max Biaggi dan Valentino Rossi di awal milenium tetap menarik untuk diceritakan. Bahkan Biaggi sendiri masih mengingat rivalitas dengan The Doctor.

Biaggi mengingat jelas persaingan dengan Rossi di Suzuka 2001. Keduanya saling susul dan kemudian Rossi mengacungkan jari tengah yang menjadi kisah klasik di MotoGP.

“Dalam balapan terkenal di Jepang itu, saya berada di dalam dan dia di luar,” kata Biaggi mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: 3 Lokasi Wisata Dibuka, Lalu Lintas di Lembang Bandung Naik 30 Persen

Max Biaggi dan Valentino Rossi.      AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)TOSHIFUMI KITAMURA Max Biaggi dan Valentino Rossi. AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

Kini 20 tahun kemudian Biaggi mengatakan, jika melihat masa lalu keduanya bisa dikatakan sebagai ayam atau penakut. Sebab saling diam dan tidak menyelesaikan masalah.

“Tapi melihat ke belakang hari ini kami adalah dua ayam. Kami tidak berbicara satu sama lain dan menggunakan pers untuk menjawab satu sama lain," katanya.

"Para wartawan sangat menantikannya. Ketika ada dua pebalap dari negara yang sama, wajar jika persaingan muncul dengan dua penggemar,” kata Biaggi.

Seperti diketahui Rossi mendominasi balapan GP500 pada 2001 dan terlibat persaingan sengit dengan senior sekaligus rivalnya yaitu Biaggi.

Baca juga: Pakai Autopilot, Jangan Pasrahkan Kendali Mobil pada Sistem

Max Biaggi dan Valentino Rossi saat menghadiri sesi konferensi pers menjelang balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 15 September 2005.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Max Biaggi dan Valentino Rossi saat menghadiri sesi konferensi pers menjelang balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 15 September 2005.

The Doctor yang kala itu membela Nazro Azzurro Honda menjadi rival utama Biaggi di tim Yamaha. Rivalitas keduanya diawali dengan insiden di Sirkuit Suzuka, Jepang, 8 April 2001.

Saat itu, Rossi dan Biaggi terlibat aksi saling susul sejak awal balapan. Rossi mencoba menyalip Biaggi di trek lurus. Namun, Biaggi terus menghalanginya dan sempat membuat Rossi keluar trek.

Aksi Biaggi itu membuat Rossi berang. Setelah sukses menyalip Biaggi, Rossi kemudian mengacungkan jari tengah.

Rossi akhirnya memenangi balapan, sedangkan Biaggi harus puas di urutan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.