Bagnaia Ungkap Rahasia Bisa Kencang dengan Ducati

Kompas.com - 12/10/2021, 09:42 WIB
Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROFrancesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Francesco Bagnaia menjadi penantang terkuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021, selain Fabio Quartararo. Bagnaia bisa dibilang sebagai pebalap Ducati paling kompetitif sejauh ini.

Pebalap yang akrab disapa Pecco ini sudah meraih tujuh podium dengan dua kemenangan di antaranya. Pecco ada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 202 poin, tertinggal 52 poin dari Quartararo.

Baca juga: Ban Bermasalah, Bagnaia Tetap Raih Podium di MotoGP AS

Bukan perjalanan yang mudah bagi Pecco bisa tampil kompetitif dengan Ducati. Dia mengaku, sempat sering terjatuh dan jauh dari kata kompetitif.

Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Italia 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Italia 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

"Ketika saya mulai dengan Ducati, saya selalu terjatuh, feeling saya tidak pernah sangat baik. Saya coba dorong, tapi gaya balap saya tidak cocok dengan Ducati," ujar Pecco, dikutip dari Speedweek.com, Senin (11/10/2021).

Pecco menambahkan, alasannya adalah karena dia sering kali ingin melaju kencang di tikungan, seperti saat di Moto2. Dia juga tidak bisa mengerem dengan keras, karena ban belakang selalu tergelincir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Momen Miller Biarkan Bagnaia Lewat pada MotoGP Amerika

"Pada tes pertama MotoGP saya, saya bisa kencang, karena saya mengejar waktu. Saya belajar kemudian. Di MotoGP, para pebalap top tidak mengejar waktu tercepat di tes," kata Pecco.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Pecco mengatakan, ketika dirinya mulai bekerja dengan ban bekas di Qatar, dia kesulitan. Tidak pernah dia merasa baik di atas motor, bahkan hingga tahun ini pun dia mengaku tidak pernah mendapat feeling yang luar biasa.

"Tahun ini, saya sedikit mengubah pendekatan pada motor. Saya merasa mengenal motor ini sangat baik. Saya beradaptasi sangat baik pada pengereman dan sekarang saya bisa menghentikan motor dengan sangat baik. Saya merasa luar biasa," ujar Pecco.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.

Pecco menjelaskan, setting motor Ducati miliknya saat ini sudah disesuaikan dengan gaya balapnya, khususnya untuk mendukung kecepatan di tikungan.

"Motor kami tidak begitu kencang di tengah tikungan. Tapi, kami melakukan pekerjaan yang bagus tahun ini dan sekarang motor sudah lebih baik untuk itu," kata Pecco.

Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

Valentino Rossi, mentornya di VR46 Academy, mengaku sangat senang melihat perkembangan Pecco saat ini. Bahkan, dia juga mengatakan Pecco sangat cocok dengan Ducati.

"Pecco luar biasa, dia dalam kondisi yang luar biasa. Menyenangkan sekali melihatnya balapan. Cara dia membalap dengan Ducati luar biasa. Sudah sangat lama sejak Ducati terlihat seperti ini. Saya sangat senang untuknya," ujar Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.