Ketika Merek Pelek Lokal Berharap Dapat Support Jokowi

Kompas.com - 12/10/2021, 08:02 WIB
Foto viral mobil presiden Jokowi menggunakan pelek lansiran Karma. Screenshot Instagram @low5100wFoto viral mobil presiden Jokowi menggunakan pelek lansiran Karma.

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini beredar foto Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipakai Presiden Joko Widodo viral di internet. Bukan tanpa sebab, S-Class Jokowi tampak dimodifikasi aliran stance yang bergaya elegan dan ceper.

“Ketika pak @prabowo menyambut pak @jokowi dengan kendaraan bersepatu prototype karya anak negeri #wheelsofkarma by @kiki_anugraha,” tulis caption Instagram @low5100w.

Namun setelah dikulik, foto tersebut merupakan rekayasa digital dari foto asli yang diunggah Instagram Menteri Pertahanan @prabowo pada 3 Oktober 2021.

Kalau mau disimpulkan, foto hasil rekayasa digital ini seperti berharap dukungan merek-merek lokal produsen komponen otomotif dari Presiden Jokowi.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Balik Nama Kendaraan Bermotor

Karma Astonish Forged pada S-Class.Instagram @kiki_anugraha Karma Astonish Forged pada S-Class.

Terlihat bahwa pelek lansiran Karma itu tampak cocok dengan mobil kepresidenan. Mungkin salah satunya karena Kiki Anugraha, Founder Karma Bodykit, sudah memasangkan lebih dulu pelek tersebut pada S-Class miliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Itu editan, tapi pelek itu sudah ada. Yang dipakai di S-Class saya kan pelek itu, namanya Karma Astonish Forged. Jadi mulai Oktober ini kami produksi empat tipe pelek,” ujar Kiki, kepada Kompas.com (11/10/2021).

Seperti diketahui, Karma Bodykit merupakan produk aftermarket asal Bandung yang terkenal sudah menjual komponen aftermarket hingga ke luar negeri. Sejak hadir pada 2018, Karma rutin meluncurkan produknya. Paling terkini adalah pelek yang dijuluki Wheels of Karma.

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Ban dan Pelek, Empat Ban Hilang Tak Bersisa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh lowslow (@low5100w)

“Jadi pelek kami spesial order, karena kebanyakan orang spek mobilnya beda-beda. Nanti saya fitting, kalau di Indonesia. Tapi kalau misalnya di luar negeri, mereka info saja ke kami lebar sama ET-nya (offset) berapa. Terus desain lips-nya juga bisa menyesuaikan,” ucap Kiki.

Bicara soal harga, Kiki mengatakan banderol peleknya bervariasi. Mulai dari Rp 50 jutaan sampai Rp 80 jutaan bergantung dari ukurannya. Terbilang mahal, karena pelek dibuat dengan proses forged atau forging dengan ditempa.

Metode ini memang memiliki keunggulan dibanding proses pembuatan lainnya. Salah satunya, pelek memiliki tingkat kebulatan yang lebih baik daripada hasil cetakan.

Baca juga: Benarkah Mengecas Ponsel di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

Pelek Karma Formula Forged pada Toyota 86Instagram @kiki_anugraha Pelek Karma Formula Forged pada Toyota 86

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.