3 Lokasi Wisata Dibuka, Lalu Lintas di Lembang Bandung Naik 30 Persen

Kompas.com - 10/10/2021, 15:41 WIB
Petugas gabungan tengah menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputar balikan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini. KOMPAS.COM/AGIE PERMADIPetugas gabungan tengah menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputar balikan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah objek wisata di Lembang telah dizininkan beroperasi meski masih dalam taham uji coba. Lokasi wisata tersebut di antaranya, The Lodge Maribaya, The Great Asia Africa, dan Farmhouse.

Kondisi ini pun berdampak pada padatnya lalu lintas kawasan dari arah Bandung menuju Lembang, maupun sebaliknya. Ketiga tempat wisata itu disesaki kendaraan yang hendak menuju objek wisata.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, pada akhir pekan ini kondisi kawasan wisata Lembang lebih meriah daripada biasanya. Terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 30 persen dari akhir pekan sebelumnya.

Baca juga: Ferrari Indonesia Rajin Luncurkan Model Baru

“Untuk kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang sendiri pada akhir pekan ini meriah lancar. Ada peningkatan 30 persen volume kendaraan di jalan raya,” kata Erin dikutip dari keterangan resmi, Minggu (10/10/2021).

Petugas melakukan penyekatan kendaraan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas melakukan penyekatan kendaraan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Erin, kendaraan wisatawan yang memadati Jalan Raya Lembang sendiri didominasi oleh kendaraan dengan plat nomor Bandung Raya. Meskipun tak sedikit juga kendaraan dengan plat nomor Jakarta, Bogor, Subang, dan daerah lainnya.

“Yang mendominasi di hari Minggu ini dari Bandung Raya. Karena untuk wisatawan Jakarta itu justru hari Sabtu kemarin puncak kedatangannya, sekarang cenderung sudah arus balik,” kata dia.

Baca juga: Bisakah Motor China Haojue UHR150 Jadi Lawan Nmax dan PCX

Volume kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang bisa saja meningkat lebih tinggi jika tak ada penerapan pola ganjil genap di Tol Pasteur serta di simpang Ledeng, Bandung.

“Jadi kendaraan yang masuk ke Lembang ini sudah tersekat oleh ganjil genap di titik lain. Sementara di Lembang kita lebih selektif untuk mengarahkan kendaraan bernomor genap karena yang bisa masuk Lembang hanya yang bernomor ganjil,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.