Catat, Ini 8 Lokasi Pemeriksaan Ganjil Genap di Puncak Bogor

Kompas.com - 10/10/2021, 13:35 WIB
Polisi melakukan penyekatan di jalur menuju kawaaan wisata Baturraden, tepatnyadi pertigaan Pabuaran, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, (25/9/2021). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINPolisi melakukan penyekatan di jalur menuju kawaaan wisata Baturraden, tepatnyadi pertigaan Pabuaran, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, (25/9/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Skema lalu lintas ganjil genap kembali diberlakuan di Jalur Puncak Bogor selama akhir pekan ini, 8-10 Oktober 2021. Sistem tersebut dilakukan untuk menekan volume kendaraan di kawasan wisata tersebut.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian menjelaskan bahwa penerapan skema ganjil genap di kawasan Puncak ini diberlakukan tiap Jumat-Minggu dengan waktu yang berbeda-beda.

Baca juga: Sudah Terdaftar di Samsat DKI, Honda HR-V Baru Siap Meluncur?

"Ganjil genap kita mulai hari ini Jumat, jam 14.00 WIB. Tapi kalau Sabtu dan Minggu itu kita mulai jam 06.00 pagi," kata Ardian, dilansir dari Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Untuk lokasi titik pemeriksaan ganjil genap di Puncak Bogor masih diberlakukan di 8 titik pemeriksaan. 6 titik berada di Puncak Bogor, dan 2 titik lainnya di Kawasan Sentul.

Petugas kepolisian tengah mengatur Rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah turun ke bawah atau Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian tengah mengatur Rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah turun ke bawah atau Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 8 lokasi pemeriksaan ganjil genap yang diberlakukan di kawasan Puncak Bogor.

Baca juga: Honda ADV 350 Belum Meluncur, Pesaingnya Sudah Hadir

  • Simpang Pasir Angin
  • Pintu Tol Ciawi
  • Simpang Gadog
  • Rainbow Hills
  • Pos Penutupan Arus Cibanon
  • Pos Penutupan Arus Bendungan
  • Dua lokasi di Kawasan Sentul.

Sedangkan untuk penerapan one way juga masih akan diberlakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Penerapan one way ini akan berlaku setiap Sabtu pukul 12.30 WIB. Berikutnya disusul pada Minggu mulai pukul 11.30 WIB.

“Sesuai petunjuk pimpinan kami laksanakan one way ke atas (Puncak). Jadi saat ini arus ke bawah (Jakarta) sudah ditutup lanjut didorong untuk nanti diberlakukan satu arah dulu,” kata Ardian.

Sejumlah petugas gabungan mengkombinasikan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah petugas gabungan mengkombinasikan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/9/2021).

Sistem one way diberlakukan sampai kepadatan arus kendaraan yang menuju kawasan Puncak Bogor terurai. Kemudian, jalur kembali dibuka dua arah dan dilanjutkan penerapan ganjil genap.

Baca juga: Sudah Didaftarkan, Honda HR-V Terbaru Pakai Mesin Turbo?

“One way sampai dengan arus kendaraan dari pintu Tol Ciawi terserap sampai Gadog setelah itu kami laksanakan kembali ganjil genap,” ucap Ardian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.