Bamsoet Ingin Sirkuit Sentul Bisa Gelar MotoGP dan Formula 1

Kompas.com - 10/10/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul IstimewaIlustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul
|


BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, ingin mengembangkan Sentul, Jawa Barat, sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia.

Mengingat di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini sedang dibangun Stage Park Sentul.

Baca juga: Diduga Hindari Crowd Free Night, BMW Ini Tabrak Polisi

Uraian itu diungkapkan Bamsoet panggilannya, usai bertemu Tommy Soeharto, Komjen Pol (P) Budi Waseso dan Letjen TNI AM Putranto, di Kawasan Sultan Hambalang Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (9/10/21).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bambang Soesatyo (@bambang.soesatyo)

"Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (10/10/2021).

Adapun Stage Park Sentul yang disebut akan segera selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga kejuaraan dunia motocross MXGP," ujarnya.

Baca juga: Ketika Airlangga Hartarto Mendadak Jadi Sopir Bus

Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, BogorIstimewa Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, Bogor

Untuk mobilitas otomotif, di kawasan ketiga sirkuit tersebut juga bisa dikembangkan menjadi Pusat Industri Modifikasi Otomotif. Memberikan nilai tambah karena tak hanya menjadi kawasan balapan otomotif saja.

"Banyak pelaku usaha modifikasi otomotif yang sedang mencari lokasi strategis. Dari segi akses maupun history," kata Bamsoet.

"Kawasan Sentul bisa menjadi salah satu jawabannya. Secara lokasi sangat strategis. Secara history, Sentul dan otomotif punya ikatan batin yang kuat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.