Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti di Balik Pelang SPBU Pertamina Warna Hijau, Biru, dan Merah

Kompas.com - 09/10/2021, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSPBU Pertamina punya banyak cabang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang dikelola mandiri ataupun dikelola pihak swasta. Kondisi ini bisa dibedakan dari kode angka yang tertera pada pelang SPBU.

Selain itu, saat ini warna pelang SPBU juga memiliki arti tersendiri. Paling baru, SPBU Pertamina kini punya warna hijau yang baru meluncur beberapa waktu lalu. Lantas apa bedanya?

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III (Jawa bagian barat), mengatakan, SPBU Pertamina dengan warna hijau merupakan GES atau Green Energy Station.

Baca juga: Ini Kalender Sementara MotoGP 2022, GP Mandalika Digelar Maret

Ilustrasi SPKLU Pertamina di sebuah SPBU di Lenteng Agung.Dok. Pertamina Ilustrasi SPKLU Pertamina di sebuah SPBU di Lenteng Agung.

Jadi, SPBU ini sengaja disiapkan untuk menyediakan bahan bakar ramah lingkungan. Mulai dari Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), dan Pertamax Turbo (RON 98) untuk BBM mesin bensin.

Adapun buat mesin diesel, tersedia Dexlite (CN 51) dan Pertamina Dex (CN 53). Tak ketinggalan bagi mobil listrik BEV ataupun PHEV tersedia SPKLU.

“GES merupakan layanan terintegrasi baru dengan empat konsep utama, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel,” ujar Eko, kepada Kompas.com (10/8/2021).

Baca juga: Tidak Jadi di Monas, Formula E Geser ke Pulau Reklamasi atau Senayan

SPBU Pasti Prima dominasi warna biru dan tulisan layar digital.Stanly/Otomania SPBU Pasti Prima dominasi warna biru dan tulisan layar digital.

“Yang dirancang mendukung Grand Strategi Nasional pada program transisi energi dan operasional yang ramah lingkungan,” kata dia.

Sementara itu, SPBU Pasti Prima (warna biru) merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas (warna merah) yang sudah ada sejak tahun 2006, terutama dari sisi pelayanan.

Sehingga, fasilitas yang disediakan di SPBU berwarna biru lebih lengkap, tidak hanya ada fasilitas standar berupa toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket saja.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Gatot Soebroto

SPBU Pertamina. Dok. Pertamina SPBU Pertamina.

Biasanya, di tempat pengisian BBM tersebut ada kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, sampai restoran cepat saji.

Sedangkan di SPBU Pasti Pas dengan warna merah fasilitas yang tersaji masih standar saja, seperti toilet, tempat ibadah, isi angin, dan beberapa di antaranya terdapat minimarket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com