Bos Repsol Honda Ungkap Alasan Motor Marquez Melempem

Kompas.com - 01/10/2021, 11:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROMarc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

AUSTIN, KOMPAS.com - Honda RC213V musim 2021 bisa dikatakan tertinggal dari kompetitor. Ada beberapa alasan mengapa motor tunggangan Marc Marquez yang langganan podium itu "melempem" musim ini.

Pertama ialah cedera Marc Marquez musim lalu membuat pengembangan motor jadi terhambat. Kedua pemberlakuan engine freeze karena pandemi Covid-19 juga berpengaruh pada motor.

Baca juga: Kapan Harus Ganti Kopling Mobil Manual?

Bos Repsol Honda Alberto Puig mengatakan, selain pembekuan pengembangan mesin alasan lain mengenai performa motor yaitu soal pemakaian ban Michelin yang berpengaruh pada traksi.

Supervisor Honda Racing Corporation, Alberto Puig.MOTOGP.COM Supervisor Honda Racing Corporation, Alberto Puig.

“Dengan semua sejarah Covid ini, diputuskan untuk tidak berkembang, dan itulah sebabnya kami tidak dapat mengambil langkah yang telah kami perkirakan sebelumnya,” katanya mengutip Tuttomotoriweb, Kamis (1/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dua tahun lalu Michelin mengganti ban (belakang) untuk 2021 dan belum mudah bagi kami untuk memahami bagaimana ban ini memengaruhi motor," katanya.

"Saya tidak mengatakan ban tidak berfungsi, saya tidak ingin disalahpahami, tetapi ban dan motornya mungkin belum cocok sekarang,” kata Puig.

Sejauh ini Repsol Honda baru mengoleksi kemenangan di Sachsenring, Jerman dan podium di Aragon, Spanyol.

Baca juga: Tertimpa Pohon Tumbang, Klaim Asuransi Mobil Bisa Ditolak

Stefan Bradl  jajal Honda RC213V 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol.Foto: Paddock-GP.com Stefan Bradl jajal Honda RC213V 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Meski melegakan hasil itu jauh dari target. Sedangkan jalan untuk menyelesaikan masalah masih jauh, mengingat Marc tidak menemukan setelan yang pas bahkan dengan RC-V tahun lalu.

“Seorang pebalap mengingat hal terakhir yang berhasil untuknya dan itu bukan motor 2020 atau motor 2021, tetapi motor 2019, yang dengannya dia memenangkan gelar terakhir," katanya.

"Dari sudut pandang pengendara itu cukup rumit, dan juga untuk tim, dalam hal mengembangkan motornya,” kata Puig.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.