Kompas.com - 30/09/2021, 19:11 WIB
Ilustrasi kopling mobil transmisi manual Ilustrasi kopling mobil transmisi manual

JAKARTA, KOMPAS.comKopling punya peran penting pada kendaraan, dalam hal ini mobil. Untuk mobil dengan transmisi manual, kopling diinjak untuk mengganti gigi transmisi ke posisi yang lebih tinggi atau sebaliknya.

Layaknya komponen lain yang ada pada mobil, kopling juga punya usia pakai. Jika kopling sudah habis, mengganti transmisi tentu jadi sulit, bahkan bisa saja mobil jadi tidak bisa dikemudikan.

Lalu kapan waktunya untuk mengganti kopling mobil dengan transmisi manual?

Baca juga: Bus Baru PO Bin Ilyas, Pakai Sasis Tronton Premium

 

Ilustrasi kampas kopling mobilNisa Maulan Shofa Ilustrasi kampas kopling mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Suparman, Service Head Auto2000 Yos Sudarso mengatakan, habisnya kopling manual kembali lagi ke cara mengemudi dari pemilik kendaraannya.

"Misalnya yang sering gantung kopling, itu bisa habis kurang dari 50.000 km. Biasanya pengemudi pemula yang sering gantung kopling," ucap Suparman kepada Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Gantung kopling ini biasanya terjadi saat gigi sudah masuk, tetapi kaki kiri masih menekan pedal kopling. Pemula juga biasanya punya rasa takut mesin mati, sehingga kaki kiri selalu stand by di kopling.

Baca juga: Belajar dari Kasus Bakar Mobil Tetangga akibat Parkir Sembarangan

"Sedangkan kalau yang enggak suka gantung kopling, rata-rata rentang usia pakainya bisa 80.000 km sampai 120.000 km," kata Suparman.

Kalau kopling mulai habis, biasanya muncul ciri seperti harus injak kopling dalam-dalam. Selain itu juga sulit ketika mau memasukkan gigi transmisi.

"Selain itu, kalau kopling habis atau sudah selip, biasanya rpm dan kecepatan tidak singkron. Rpm-nya tinggi tapi kecepatannya rendah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.