Mengenal Fungsi Oli Transmisi Pada Skutik

Kompas.com - 30/09/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik Otomania/Setyo AdiIlustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan motor bebek atau motor sport, pada skuter matik (skutik) pelumasan pada bagian transmisi dilakukan terpisah. Sehingga, membutuhkan oli gear atau biasa disebut oli gardan atau oli transmisi.

Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas.

"Pada sepeda motor skutik terdapat dua jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear. Peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi," ujar Riyadi, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Banyak yang Salah Paham Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik

Riyadi menambahkan, melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar.

CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.Ghulam/Otomania CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.

Oli transmisi atau oli gardan yang memiliki fungsi serupa dengan oli mesin. Perbedaannya jika oli mesin sebagai pelumas komponen pada mesin, sedangkan oli transmisi melumasi komponen transmisi. Sebagai pengguna skutik, penting untuk mengetahui peran dan fungsi dari oli transmisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertama, melumasi komponen yang bergerak, seperti gear dan bearing transmisi agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan," kata Riyadi.

Baca juga: Ganti Oli Transmisi Matik Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Riyadi menambahkan, kedua, melindungi gear dan bearing dari korosi atau karat. Ketiga, sebagai peredam getaran suara pada transmisi.

"Pastikan memeriksa kondisi oli mesin dan oli gear maksimal setiap kelipatan 3.000 km atau 3 bulan. Kemudian wajib mengganti oli gear maksimal setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor tetap optimal dan mencegah komponen gear cepat aus," ujar Riyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.